Israel akhirnya izinkan pengiriman tepung ke Gaza

id israel,palestina,gaza,tepung

Israel akhirnya izinkan pengiriman tepung ke Gaza

Warga Palestina menunggu pasokan makanan bantuan di kota Rafah di Jalur Gaza selatan, pada 14 Februari 2024. (Xinhua/Yasser Qudih)

Moskow (ANTARA) - Setelah menahan lebih dari satu bulan, Israel akhirnya mengizinkan pengiriman tepung yang diperantarai oleh Amerika Serikat ke Jalur Gaza, demikian dilaporkan harian The Times of Israel pada Jumat.

Kesepakatan itu mencakup pengiriman tepung bagi 1,5 juta warga Gaza selama lima bulan lewat Program Pangan Dunia (WFP) di bawah PBB.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu secara pribadi memberi tahu pemerintahan Presiden AS Joe Biden bahwa pihaknya telah menyetujui pengiriman itu pada awal Januari, kata laporan itu.

Gedung Putih juga telah mengumumkan perkembangannya pada 19 Januari, tetapi lebih dari satu bulan kemudian kiriman tepung itu belum bisa masuk ke Gaza.

Kiriman tepung itu sebelumnya telah tiba di Pelabuhan Ashdod, Israel, tetapi Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich menahan penyerahannya ke UNRWA, badan PBB yang mengurusi pengungsi Palestina.

Tindakan Smotrich itu didasarkan pada tuduhan bahwa 12 pekerja UNRWA terlibat dalam serangan kelompok perlawanan Palestina Hamas ke Israel pada 7 Oktober, menurut laporan tersebut.

Namun, belum jelas apakah tepung itu akan didistribusikan ke warga Gaza jika berhasil masuk ke wilayah kantong Palestina tersebut.



Sumber: Sputnik

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Israel akhirnya izinkan pengiriman tepung ke Jalur Gaza

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE