Asparnas siapkan wisata olahraga untuk tarik minat kunjungan wisman ke Batam

id Kepri,batam,wisman ,wisata olahraga ,kunjungan ,dispar,Asosiasi Pariwisata Nasional ,Asparnas,Badan Pusat Statistik,BPS

Asparnas siapkan wisata olahraga untuk tarik minat kunjungan wisman ke Batam

Ketua DPC Asparnas Kota Batam Andi (tengah) dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata (kanan). ANTARA/Jessica

Batam, Kepri (ANTARA) - Asosiasi Pariwisata Nasional (Asparnas) Kota Batam, Kepulauan Riau, menyiapkan agenda wisata olahraga (sport tourism) guna menarik minat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke kotanya.

Ketua DPC Asparnas Kota Batam Andi di Batam, Senin, mengatakan pihaknya juga telah mempersiapkan wisata olahraga pada bidang badminton.

"Kemarin sudah sempat menyampaikan ke kepala Disbudpar, mungkin lebih banyak ke sport tourism yang akan kami kedepankan. Pertama, mungkin badminton, sudah bahas juga dengan PBSI, kita lagi merancang untuk mendatangkan pemain-pemain dari negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, Thailand," kata Andi.

Menurutnya, badminton merupakan salah satu olahraga yang unggul di Indonesia, sehingga pemilihan olahraga tersebut untuk menarik minat kunjungan wisman memberikan efek positif.

"Pemerintah sangat mendukung, Disbudpar juga mendukung. Rencana juga dihadirkan atlet nasional dan internasional," kata dia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata mengatakan selain melalui wisata olahraga, atraksi budaya juga dinilai menjadi salah satu cara menarik minat wisman untuk berkunjung ke Kota Batam.

Pada tahun ini, pemkot menargetkan sebanyak 2 juta wisatawan berkunjung ke Kota Batam.

"Tentu kami apresiasi acara Asparnas ini, termasuk beberapa rencana even sport tourism yang direncanakan Asparnas. Pemkot Batam juga terus berupaya melengkapi segala fasilitas untuk menunjang peningkatan kepariwisataan melalui konsep 3A," ujar dia.

Ia menjelaskan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam pada Januari-Juni 2024, kunjungan wisman sudah mencapai 600.934 kunjungan.

Baca juga:
Disbudpar sebut atraksi budaya jadi cara gaet wisman ke Batam

Kunjungan wisman ke Kepri pada semester I capai 763.406 orang

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE