BMKG: Waspada gelombang laut sedang di Laut Natuna Utara

id Cuaca kepri minggu, prakiraan cuaca, bmkg hang nadim, waspada gelombang tinggi, laut natuna utara, cuaca minggu, cuaca 1 september

BMKG: Waspada gelombang laut sedang di Laut Natuna Utara

Kilang minyak Pertamina di Pulau Sambu, Kota Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (17/8/2024). (ANTARA/Laily Rahmawaty)

"Waspada potensi gelombang laut yang dapat mencapai kategori sedang (1,25 – 2,5 meter) di wilayah Laut Natuna Utara," kata Prakirawan Aprilia S dalam keterangannya.
Batam (ANTARA) -
Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam mengingatkan adanya potensi gelombang laut dengan kategori sedang di wilayah Laut Natuna Utara yang diprediksi terjadi pada Minggu. 
 
"Waspada potensi gelombang laut yang dapat mencapai kategori sedang (1,25 – 2,5 meter) di wilayah Laut Natuna Utara," kata Prakirawan Aprilia S dalam keterangannya.
 
BMKG membagikan informasi ketinggian gelombang laut yang berlaku Minggu dari pukul 07.00 WIB hingga Senin (2/9) pukul 07.00 WIB.
 
Daerah Batam, ketinggian gelombang kategori tenang, arus laut permukaan bergerak dari arah barat menuju utara dengan kecepatan 20-150 cm/detik.
 
Tanjungpinang, ketinggian gelombang rendah, bergerak dari arah barat daya menuju barat lait dengan kecepatan 20-100 cm/detik.
 
Kemudian Kabupaten Karimun, ketinggian gelombang tenang, bergerak dari arah utara menuju selatan dengan kecepatan 20-150 cm/detik.
 
Di Kabupaten Lingga/Dabo Singkep ketinggian gelombang rendah, arus laut dari arah barat daya menuju barat laut dengan kecepatan 10-80 cm/detik.
 
Lalu Kabupaten Natuna, ketinggian gelombang sedang, dari arah timur menuju selatan, dengan kecepatan 10-80 cm/detik.
 
Selanjutnya Kabupaten Anambas, tinggi gelombang rendah, bergerak dari arah barat daya menuju barat laut dengan kecepatan 10-80 cm/detik.
 
Sementara itu, untuk prakiraan cuaca, kata dia, wilayah Kepulauan Riau pada hari pertama bulan September ini diperkirakan berawan, namun masih berpotensi terjadi hujan lokal dengan intensitas ringan di beberapa wilayah terutama pada siang hari.
 
"Kelembapan udara lapisan atas yang cenderung kering kurang mendukung potensi pertumbuhan hujan di wilayah Kepulauan Riau," ujarnya.
 
BMKG memperkirakan cuaca pagi hari di 7 kota/kabupaten Provinsi Kepri merata berawan tebal. Ada potensi hujan ringan pada siang hari di wilayah Kota Batam, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, dan Kabupaten Natuna
 
Sedangkan Kabupaten Karimun siang hari diperkirakan berawan, dan di Kabupaten Lingga serta Anambas berawan tebal.
 
Malam harinya hingga dini hari masih diselimuti awan tebal di seluruh wilayah, kecuali di Kabupaten Natuna dan Lingga diperkirakan terjadi hujan ringan.
 
Untuk suhu dan arah angin, Kota Batam berkisar antara 25-32 derajat celcius, dan arah angin datang dari tenggara dengan kecepatan 7-13 km/jam.
 
Wilayah Tanjungpinang, suhu berkisar antara 25 hingga 32 derajat celcius, angin bertiup dari arah tenggara dengan kecepatan 6-16 km/jam.
 
Selanjutnya Kabupaten Bintan, suhu udara berkisar 25-32 derajat celcius, arah angin dari tenggara kecepatan 5-14 km/jam.
 
Wilayah Kabupaten Karimun memiliki suhu udara berkisar antara 25-32 derajat celcius, arah angin dari selatan dengan kecepatan 7-15 km/jam.
 
Suhu udara di Kabupaten Lingga berkisar antara 25 hingga 30 derajat, dan angin dari arah timur dengan kecepatan 10-21 km/jam.
 
Kemudian Kabupaten Natuna, suhu udara berkisar antara 24-31 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah barat daya dengan kecepatan 4 hingga 16 km/jam.
 
Sementara itu di Kabupaten Anambas juga suhu udara 26-32 derajat celcius dan angin dari arah selatan kecepatan 15-20 km/jam.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE