KONI Pusat: Sejauh ini pelaksanaan PON XXI di Aceh lancar

id Aceh,Berita Aceh,PON XXI,KONI Pusat,PON 2024,Pemprov Aceh,Olahraga, pon 2024

KONI Pusat: Sejauh ini pelaksanaan PON XXI di Aceh lancar

Wakil I Ketua Umum Komite Olahraga Nasional (KONI) Pusat Mayjen TNI Purn Suwarno saat meninjau pertandingan baseball di Lapangan Tugu Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh, Kamis (5/9/2024). (ANTARA/Khalis Surry)

Banda Aceh (ANTARA) - Wakil I Ketua Umum Komite Olahraga Nasional (KONI) Pusat Mayjen TNI Purn Suwarno menyebut sejauh ini pelaksanaan pertandingan beberapa cabang olahraga Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut di wilayah Aceh berlangsung dengan lancar.

"Sejauh yang kita lihat di lapangan, khusus di Aceh sampai hari ini, pelaksanaan pertandingan berjalan cukup baik, belum ada hal-hal yang menonjol," kata Suwarno di sela-sela meninjau pertandingan baseball di Lapangan Tugu USK, Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan beberapa cabang olahraga sudah lebih dulu bertanding sebelum upacara pembukaan PON XXI seperti basket, angkat besi, dayung, paramotor, baseball, softball, sepak bola, panjat tebing dan muaythai.

"Dilihat dari segi venue, cukup memadai. Pada umumnya bisa dilaksanakan sebaik-baiknya," kata Suwarno.

Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PON XXI Aceh-Sumut itu menambahkan alasan beberapa cabang olahraga langsung mulai dipertandingkan meski belum acara pembukaan yakni untuk efisiensi waktu.

Menurut dia, ada cabang yang membutuh waktu pertandingan cukup panjang, sehingga apabila pertandingan dimulai setelah pembukaan, maka akan tidak cukup waktu pertandingan hingga penutupan.

Baca juga: Kepri berangkatkan 106 atlet untuk bertanding dalam PON 2024

Pada lain kesempatan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) resmi memberangkatkan 106 atlet yang akan bertanding dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Provinsi Aceh-Sumut pada acara seremoni yang diselenggarakan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kepri.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kepulauan Riau mengajukan Rp500 juta kepada Pemerintah Provinsi setempat untuk hadiah bagi peraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh-Sumut.
 
“Sekitar Rp500 juta pengajuannya,” kata Sekretaris Daerah Adi Prihantara di Batam, Kamis.

Ketua Umum KONI Usep RS mengatakan bahwa para ofisial, pelatih dan atlet berharap untuk melebihi bonus pada PON sebelumnya.
 
“Pada PON Papua bonus sebesar Rp350 juta, itu menjadi yang terbesar di Sumatera. Harapan kami, untuk PON XXI ini, bonus yang diberikan bisa lebih besar,” ujar Ketua Umum KONI Kepri Usep RS di Batam, Kamis.

Baca juga: Kepri berangkatkan 106 atlet untuk bertanding dalam PON 2024

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KONI Pusat sebut sejauh ini pelaksanaan PON XXI di Aceh lancar

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE