Lapas Batam kembangkan budidaya ikan nila dengan menggunakan sistem bioflok

id budidaya bioflok, budidaya ikan nila, lapas batam, kota batam, kepulauan riau, warga binaan, pembinaan napi,narapidana,kepri,batam

Lapas Batam kembangkan budidaya ikan nila dengan menggunakan sistem bioflok

Warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas II A Batam mengelola budidaya bioflok ikan nila. ANTARA/HO-Lapas Batam.

Batam (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Batam, Kepulauan Riau mengembangkan budidaya ikan nila (oreochromis niloticus) dengan sistem bioflok, yakni sistem budidaya yang menggunakan teknik rekayasa lingkungan, mengandalkan pasokan oksigen dan pemanfaatan mikroorganisme.

Kepala Lapas Kelas II A Batam Heri Kusrita dihubungi di Batam, Senin, mengatakan budidaya ikan nila dengan teknik bioflok dipilih karena lebih efisien dibanding sistem lainnya.

“Lapas Batam baru punya 2 bioflok, rencananya mau ditambah jumlahnya,” kata Heri.

Dia menjelaskan, satu bioflok yang ada di Lapas Batam memiliki kapasitas untuk 500 ekor ikan, untuk dibesarkan selama 4 bulan. Sehingga, dari dua bioflok tersebut menghasilkan 1.000 ekor ikan dapat dipanen.

Adanya penambahan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan jumlah panen ikan nila yang dibudidayakan di Lapas Batam.

Terkait penambahan tersebut, Lapas Batam juga menjajaki kerja sama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Batam dalam rangka pelatihan budidaya bioflok kepada warga binaan pemasyarakatan.

“Pekan lalu saya ke Dinas Perikanan, Alhamdulillah respon kepala dinas bagus untuk pelatihan ke depan, untuk budidaya ikan melalui bioflok,” kata Heri.

Sebagai informasi, sistem budidaya bioflok ikan nila salah satu sistem budidaya yang sering digunakan oleh pembudidaya di Indonesia, karena efisien dalam penggunaan pakan, meningkatkan produktivitas dan meminimalkan penggunaan air.

Menurut Heri, budidaya ikan nila lebih mudah dibandingkan ikan lele yang bersifat kanibal dan harus dilakukan penyortiran.

“Ikan-ikan dipanen nanti dijual, ada penampungnya,” kata Heri.

Uang hasil budidaya disetor untuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), untuk biaya produksi, serta premi untuk warga binaan yang mengelolanya.

Budidaya ikan nilai di bioflok ini dikelola oleh warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Batam, dengan pengawasan petugas. Hingga saat ini, Lapas Batam dihuni 939 WBP.

Sesuai tugas dan fungsinya, Lapas Batam rutin melaksanakan pembinaan kepada warga binaan, sebagai bekal keterampilan, diharapkan setelah bebas bisa menjadi modal untuk memulai hidup baru di masyarakat.

Pelatihan yang sudah pernah dilaksanakan di Lapas Batam, seperti pelatihan sablon digital, pelatihan konveksi, pelatihan bengkel motor, pelatihan membuat roti, dan pelatihan mebel.

Baca juga: Kebutuhan ikan air tawar di Batam capai lima ton lebih per hari


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Lapas Batam kembangkan budidaya ikan nila dengan sistem bioflok

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE