Bakamla intensifkan patroli laut akhir tahun jaga keselamatan

id patroli keamanan laut, bakamla ri, kn tanjung datu, tanjung datu 301, perairan Indonesia, musim laut, akhir tahun, angin

Bakamla intensifkan patroli laut akhir tahun jaga keselamatan

KN Tanjung Datu 301 Bakamla RI bersandar di Pelabuhan Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau, Minggu (22/9/2024). (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Batam (ANTARA) - Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI meningkatkan intensitas patroli di laut sebagai antisipasi gelombang tinggi yang cenderung terjadi di akhir tahun, guna menjaga keselamatan dan keamanan para pelaku pelayaran.

“Tentunya ada (peningkatan intensitas patroli) dari Bakamla sendiri. Kebetulan di akhir-akhir bulan ini mungkin mulai sekitar Oktober ada patroli bersama,” kata Pejabat sementara (Pjs) KN Tanjung Datu 301 Lettu Bakamla Peter Dewangga kepada ANTARA dikonfirmasi di Batam, Kamis.

Dia menjelaskan, Bakamla bakal menggandeng beberapa instansi yang berkaitan di laut untuk bersama-sama melaksanakan patroli keamanan, keselamatan laut di wilayah yuridiksi Indonesia.

Baca juga: BPOM dampingi SLB Negeri Batam untuk kembangkan usaha tata boga

“Dengan bergabungnya, bersama-sama melakukan patroli akan meningkatkan standar operasi tersebut dan akan meningkatkan keamanan serta keselamatan perairan Indonesia,” ujarnya.

Menurut dia, akhir tahun terhitung mulai September dan seterusnya kondisi perairan laut cenderung terjadi ombak yang besar ataupun gelombang tinggi.

Oleh karena itu, lanjut dia, para pelaut atau nelayan dan penggiat-penggiat di laut perlu waspada akan keselamatan di laut.

“Kami dari Bakamla ada Poskodal yang siap menerima informasi terkait apapun yang terjadi di laut, entah itu kejadian kecelakaan laut ataupun peringatan cuaca buruk,” paparnya.

Baca juga: 85 ribu elpiji 3 kg disalurkan ke pangkalan di Batam dalam kurun waktu dua minggu

Dalam pemantauan tersebut, kata dia, Bakamla berkoordinasi dengan BMKG ataupun bidang perhubungan yang akan membagikan informasi tentang cuaca dan ketinggian gelombang ke seluruh penggiat laut di Indonesia.

Adapun teknis dalam patroli yang dilaksanakan bersama instansi terkait, akan berbeda setiap instansi sesuai dengan kasuistis yang dihadapi. Sebagai contoh, Bakamla bertugas menghalau nelayan-nelayan kapal asing yang melakukan penangkapan di perairan Indonesia.

“Itu salah satu bentuk patroli yang dijalankan, dan masih banyak lagi ini, hanya salah satu kasus yang sering kami laksanakan,” katanya menerangkan.

Selain itu, memasuki akhir tahun ini KN Tanjung Datu 301 sebagai salah satu unsur Bakamla RI melaksanakan sosialisasi kepada penggiat laut, tentang keselamatan di laut.

“Jadi kami selalu menyosialisasikan baik secara “door to door” maupun lewat media sosial kami selalu menggaungkan bahwasanya keselamatan laut itu penting,” kata Petter.

Baca juga:
DP3AP2KB Batam sebut pelayanan KB 2024 cukup maksimal

Bawaslu Kepri soroti netralitas ASN hingga politik uang saat kampanye pilkada

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE