Warga Diminta Siapkan Satu Kamar Untuk Wisatawan

id Warga Diminta, Siapkan Satu, Kama,r Untuk Wisatawan

Batam, (Antara Kepri) - Masyarakat yang menetap di pesisir atau pulau di Batam, diminta untuk menyediakan satu kamar kosong dengan fasilitas kamar mandi di dalam yang bisa dipergunakan wisatawan lokal atau mancanegara saat berkunjung ke daerah mereka. 

"Agar ekonomi masyarakat bisa hidup, ini juga sebagai salah satu upaya kita untuk mengembangkan pariwisata," kata Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, di Batam, Selasa. 

Rudi mengatakan hal tersebut dilakukan karena di kawasan pesisir belum ada fasilitas hotel. Sehingga masyarakat bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan rupiah saat ada wisatawan yang ingin menginap. 

Ia menjelaskan untuk kebersihan pantai akan dilakukan dinas terkait sehingga para wisatawan betah berkunjung ke desa-desa dan pulau-pulau di Batam.

Rudi menjelaskan, Batam tidak perlu lagi membangun gedung-gedung tinggi dan membuat arena permainan seperti di luar negeri, karena wisawatan mancanegara lebih senang melihat budaya dan kultur di masing-masing negara yang didatanginya. 

Ia berharap pada 2019-2020 pertumbuan ekonomi dari sektor pariwisata akan tumbuh empat persen lebih cepat dari saat ini. 

Sementara itu General Manager Garuda Indonesia Kepri Setya Budhi mengatakan penambahan jadwal penerbangan Batam-Jakarta di perusahaannya juga sebagai salah satu upaya untuk mendukung dunia pariwisata di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) khususnya Batam. 

Sehingga para wisatawan baik lokal atau pun mancanegara tidak kerepotan untuk mencari penerbangan di saat jam-jam tertentu. 

"Jadi saat pariwisata tumbuh, kita sudah siap," katanya. Selain itu kata Setya banyak penumpang kerap mempertanyakan jadwal penerbangan Garuda Indonesia pada siang hari tepatnya pukul 14.35 WIB. 

Tidak hanya itu saja, dengan adanya penambahan jadwal tersebut paket-paket wisata diyakini akan lebih bergairah. 

"Jadi saat wisatawan chek out dari hotel bisa ambil jadwal penerbangan tersebut, makanya kita ambil slot di jam 14.35 WIB," jelas dia. 

Setya mengatakan, launching perdana penerbangan pada jam tersebut akan dilaksanakan pada Jumat (17/11) mendatang. Penambahan jadwal penerbangan dilakukan pada Senin, Selasa, Rabu, Jumat dan Minggu. 

Keberangkatan dari Jakarta pukul 12.05 dan tiba di Batam 13.50 WIB dengan menggunakan pesawat Garuda GA 062, sementara dari Batam berangkat pukul 14.35 dan tiba di Jakarta pukul 16.25 WIB dengan GA 063. (Antara)

Editor: Evy R. Syamsir
Pewarta :
Editor: Kepulauan Riau
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar