Tanjungpinang Selenggarakan Festival Nasi Dagang

id tanjungpinang,selenggarakan,festival,nasi,dagang

Keunikan ini menambah daya tarik para penggemarnya maupun orang-orang yang baru mencobanya
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Forum Usaha Pangan Industri Rumah Tangga Tanjungpinang, Kepulauan Riau, menyelenggarakan Festival Nasi Dagang, salah satu masakan khas melayu untuk menumbuhkembangkan kewirausahaan ibu rumah tangga.
         
Salah seorang panitia pelaksana kegiatan tersebut, Syafril Sembiring, di Tanjungpinang, Selasa, mengatakan ibu rumah tangga dapat menjadi pengusaha nasi dagang untuk menambah pendapatan keluarga.
         
"Festival Nasi Dagang ini tidak hanya melestarikan kuliner lokal, melainkan juga mendorong ibu rumah tangga untuk lebih kreatif. Nasi dagang yang memiliki rasa yang lezat diminati masyarakat lokal dan wisatawan," ujarnya.
          
Sapril mengemukakan Festival Nasi Dagang diselenggarakan pada 16-17 Desember 2017, yang disejalankan dengan Bazar Kuliner Rumahan yang terdiri dari 45 pelaku usaha pangan industri rumah tangga.    
   
Bazar dan Festival Nasi Dagang ini juga terkait memperingati Hari Ibu, yang diselenggarakan di halaman parkir Swalayan Al Baik Batu 8 Tanjungpinang.

Festival Nasi Dagang ini diharapkan memberi semangat baru kepada masyarakat untuk kembali mengangkat khazanah kuliner lokal, yang dapat menjadi motor penggerak ekonomi. Nasi dagang yang dibungkus daun pisang memiliki cita rasa tersendiri, ditambah lauknya yang bervariasi.

Cara menikmati nasi dagang ini pun sebenarnya berbeda dengan menikmati masakan lainnya. Para orang tua terdahulu, makan nasi dagang dengan menggunakan sendok yang dipotong dari ujung daun kemasannya.
        
Kemasan dan cara menikmati nasi dagang membuat makanan ini ramah lingkungan, dan sehat.
          
Khusus pada festival ini, kata dia, panitia menetapkan lauknya wajib berasal dari laut seperti ikan.
        
"Keunikan ini menambah daya tarik para penggemarnya maupun orang-orang yang baru mencobanya," ucapnya
    
Sapril menjelaskan seluruh peserta wajib menyerahkan nasi dagang dalam bentuk kemasan yang menarik dan ramah lingkungan pada tanggal 16 Desember 2017 pukul 08.00 -09.00 WIB.
         
"Direncanakan juri kegiatan ini berasal dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tanjungpinang, GM Aston Hotel Tanjungpinang dan dari Rumah Kue Onnie. Pengumuman Pemenang akan dilakukan pada 17 Desember 2017 di lokasi acara Bazar Kuliner Rumahan," ujarnya.

Peserta sebelumnya mendaftar dengan format: Festival Nasi Dagang / Nama / Nama Merek Nasi Dagang / Alamat / Nomor WA 0812 6197586.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE