Bawaslu Tanjungpinang perkuat jaringan pengawasan melalui "ngopi"

id bawaslu tanjungpinang,ketua bawaslu tanjungpinang maryamah

Bawaslu Tanjungpinang perkuat jaringan pengawasan melalui "ngopi"

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) (antaranews.com)

Penguatan basis dan jaringan pengawasan tidak mungkin hanya mengandalkan tenaga dari jajaran tim kami, karena itu kami membutuhkan peran serta berbagai elemen masyarakat

Tanjungpinang (Antaranews Kepri) - Badan Pengawas Pemilu Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, memperkuat jaringan pengawasan melalui acara "ngopi" bersama jurnalis, aktivis mahasiswa dan pengurus ormas.

Ketua Bawaslu Tanjungpinang Maryamah di Tanjungpinang, Selasa, mengatakan jurnalis, aktivis mahasiswa dan pengurus memiliki peran yang besar dalam mengawasi pelaksanaan pilkada tahun 2018 sehingga informasi dari mereka dibutuhkan. (baca: Bawaslu Tanjungpinang libatkan berbagai pihak)

"Ngopi" bersama para aktivis tersebut sebagai sarana yang akan memperkuat hubungan kemitraan, sekaligus sebagai sarana tukar pikiran dan tukar informasi.

"Penguatan basis dan jaringan pengawasan tidak mungkin hanya mengandalkan tenaga dari jajaran tim kami, karena itu kami membutuhkan peran serta berbagai elemen masyarakat," ujarnya.

Maryamah mengemukakan "ngopi" bersama jurnalis, mahasiswa dan pengurus ormas akan dilakukan secara rutin. Untuk saat ini dilakukan sebulan sekali.

Mendekati Pilkada Tanjungpinang 27 Juni 2018, kata dia< acara "ngopi" itu akan lebih sering dilakukan, disesuaikan dengan jadwal masing-masing pihak.

"Kami ingin seluruh elemen masyarakat menjadikan lembaga ini sebagai 'rumah' mereka, tempat mengadukan hal-hal yang berhubungan dengan pilkada," katanya.

Hal senada juga Ketua Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Tanjungpinang M Zaini. Ia menambahkan "ngopi" bersama jurnalis dan aktivis dapat memperkuat kelembagaan dalam meningkatkan pengawasan pesta demokrasi.

Kegiatan informal seperti itu diyakini akan membuahkan hasil maksimal, terutama setelah terjalin komitmen bersama untuk bersama-sama menyukseskan pilkada. Salah satu elemen terpenting dalam menyukseskan pilkada, yakni pengawasan.

Dari hasil pengawasan pilkada, lanjutnya Bawaslu Tanjungpinang dapat mengambil kebijakan. Langkah-langkah yang diambil dalam menciptakan pilkada damai, jujur dan adil tentu harus disesuaikan dengan fakta-fakta yang ditemukan di lapangan.

"Upaya pencegahan akan terus dilakukan melalui sosialisasi pengawasan pilkada," katanya. (baca juga: Bawaslu Tanjungpinang serukan politik santun jelang pilkada)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE