Bupati Karimun ajak umat perbaiki hubungan silaturahim

id Bupati Karimun,Aunur Rafiq,khatib shalat id,masjid agung karimun,Lebaran

Bupati Karimun ajak umat perbaiki hubungan silaturahim

Bupati Karimun Aunur Rafiq menyampaikan khutbah dalam shalat Idul Fitri di Masjid Agung, Jumat (15/6). (Antaranews Kepri/Rusdianto)

Insya Allah, tali silaturahmi yang selalu kita jaga membawa berkah menuju Karimun negeri yang `baldatun tayyibatun warabbun ghafur
Karimun (Antaranews Kepri) - Bupati Karimun Aunur Rafiq mengajak umat Islam agar memperbaiki hubungan silaturahim dengan saling memaafkan di hari kemenangan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

"Menjaga hubungan silaturahmi merupakan upaya untuk menjaga hubungan yang baik di antara sesama manusia atau hablum minannas. Kemudian, menjaga hubungan dengan Sang Pencipta Allah SWT atau hablumminallah," kata Aunur Rafiq saat menjadi khatib shalat Id di Masjid Agung Karimun, Jumat.

Aunur Rafiq mengatakan, setiap manusia tidak pernah luput dari khilaf dan salah yang menyebabkan hubungan silaturahim menjadi renggang.

Menurut dia, Hari Raya Idul Fitri merupakan momentum untuk memperbaiki tali silaturahmi dan memperbaiki diri dengan cara mematuhi segala perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya.

"Sudah menjadi tradisi kita berkumpul bersama, berhalal bihalal dan saling memaafkan. Insya Allah, tali silaturahmi yang selalu kita jaga membawa berkah menuju Karimun negeri yang `baldatun tayyibatun warabbun ghafur`," katanya mengutip salah satu ayat suci Al Quran.

Di hadapan ribuan jamaah dia juga mengajak kaum muslimin agar merayakan hari kemenangan setelah satu bulan berpuasa dengan penuh rasa syukur, memuji kebesaran Allah yang Maha Kaya dan Maha Mulia.

"Semuanya yang ada di dunia ini adalah amanah-Nya yang akan kita pertanggungjawabkan di hari akhirat. Hindari keonaran dan hura-hura, tetapi isilah rasa syukur," kata dia.

Dia juga mengingatkan kepada umat Islam agar ibadah puasa dan melawan hawa nafsu selama satu bulan penuh, hendaknya menumbuhsuburkan ketakwaan kepada Allah SWT yang ditunjukkan dengan perubahan sikap dan perilaku menjadi lebih baik.

"Rasa syukur juga kita tunjukkan dengan membayar zakat fitrah dan zakat mal sehingga dapat membantu saudara-saudara yang tidak mampu untuk ikut merayakan hari kemenangan," kata dia.

Usai shalat Id, Bupati Aunur Rafiq didampingi pengurus masjid dan sejumlah pejabat bersalaman dengan para jamaah.

Shalat Id di Masjid Agung Karimun berlangsung khusyuk diikuti ribuan umat Islam, meski hujan sempat mengguyur membasahi halaman masjid.

Sejumlah aparat kepolisian berjaga-jaga mengamankan pelaksanaan shalat Id tingkat Kabupaten Karimun yang dipusatkan di Masjid Agung.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE