Batam anggarkan dana infrastruktur kelurahan Rp83,2 miliar

id Wali kota ,Batam ,Dana,Infrastruktur ,Kelurahan

Batam anggarkan dana infrastruktur kelurahan Rp83,2 miliar

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. (ANTARA News Kepri/Pradanna Putra)

Batam (ANTARANews Kepri) - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau menganggarkan dana percepatan infrastruktur kelurahan sebanyak Rp83,2 miliar, demi menggesa pembangunan kota yang merata pada tahun ini.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi di Batam, Rabu, menyatakan dana sebanyak itu dibagi merata ke setiap kelurahan di penjuru kota. Masing-masing kelurahan mendapat Rp1,3 miliar, meningkat dari dana percepatan infrastruktur kelurahan (PIK) tahun sebelumnya, Rp1,1 miliar untuk setiap kelurahan.

"Sesuai rencana pembangunan jangka menengah daerah, jalan lingkungan pada 2021 harus selesai. Karena itu kami anggarkan PIK yang jumlahnya tiap tahun meningkat. Saat ini dana PIK Rp1,3 miliar tiap kelurahan," kata Wali Kota.

Ia mengatakan, dana PIK prioritas mulai dikerjakan sejak awal tahun. Wali Kota menyeru perangkat daerah, RT, RW, LPM, lurah dan camat untuk memulai perencanaan penggunaan dana PIK.

Sejalan dengan pengucuran dana PIK, mulai tahun ini pemerintah pusat menganggarkan dana alokasi umum tambahan (dana kelurahan).

"Atas prakarsa Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia dengan melihat contoh di Batam, mulai dikucurkan dana kelurahan. Pada tahun pertama ini, tiap kelurahan di Batam menerima lebih kurang Rp 350 juta," kata dia.

Wali Kota meminta seluruh masyarakat menggunakan dana itu dengan baik, terutama peningkatan jalan dan drainase.

"Silakan dirembuk melalui musrenbang dengan baik, utamakan yang prioritas. Dan kepada camat, lurah, LPM, RT, RW, jangan pilih kasih. Ini untuk kita semua," kata dia.

Sementara itu, Camat Batam Kota, M Fairuz mengatakan proses musrenbang tingkat kelurahan sudah dimulai. Dan banyak masyarakat yang menyalurkan aspirasinya untuk penggunaan dana PIK.

Pihaknya sudah menyusun prioritas pembangunan kelurahan yang ada di wilayah itu, antara lain gorong-gorong di Taman Raya tahap I sepanjng 600 m, tanggul batumiring Batara Raya 500 m, gedung sekolah dasar di Botania Garden, dan pembangunan SMP di perumahan Pesona Asri dan pembagunan GOR mini di Nadim Raya.
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar