Pemkot Batam gelar lomba Pawai Takbir Idul Adha

id idul adha batam,pawai takbir batam,kendaraan hias

Pemkot Batam gelar lomba Pawai Takbir Idul Adha

Dokumentasi sejumlah warga mengikuti pawai budaya peringatan Hari Jadi Kota Batam, Kepulauan Riau, Selasa (18/12/2018). ANTARA FOTO/M N Kanwa/hp.

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau menggelar lomba pawai takbir kendaraan hias menyambut Idul Adha 1440 Hijriah, dengan total hadiah mencapai Rp36 juta.

Kepala Bagian Kesra Setdako Batam, Riama Manurung, menyatakan pawai takbir diselenggarakan pada Sabtu malam dengan rute mengelilingi kota, dimulai dari Dataran Madani Batam Center.

"Pawai takbir akan diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah, kecamatan, kelurahan, masjid, ormas Islam dan partisipan," kata Riama di Batam, Sabtu.

Untuk mengikuti lomba, panitia menetapkan tinggi kendaraan pawai maksimal 4 meter dari permukaan tanah dengan lebar 1,8 meter. Kendaraan dihias sesuai dengan tema yakni Idul Adha.

Kemudian, sepanjang perjalanan, peserta harus melafaskan takbir secara langsung, tanpa rekaman, ujarnya.

Rencananya, Wali Kota Muhammad Rudi akan melepas pawai yang kemudian keliling kota dengan rute Edukits Batam Centre, melewati jalan layang Laluan Madani, Polsek Lubuk Baja belok kanan menuju simpang apartemen harmoni, melintas di jalan Duyung, belok kiri Sei Panas, belok kiri Bundaran Madani dan berakhir di Masjid Agung.

"Pemenang lomba akan diumumkan pada saat pelaksanaan Shalat Idul Adha," kata dia.

Dalam kesempatan itu, ia mengatakan terdapat 635 lokasi Shalat Idul Adha yang tersebar di penjuru kota.

Wali Kota Muhammad Rudi bersama keluarga rencananya akan melaksanakan Shalat Idul Adha di Dataran Engku Putri.

Di Dataran Engku Putri, Ustadz Abdul Rauf akan berlaku sebagai iman, dengan bilal Ustadz Rasyid Ridho dan khatib Ustdaz Hendar Royani.

"Jika cuaca hujan maka pelaksanaan shalat Idul Adha akan kita alihkan ke Masjid Agung," kata dia.
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar