Hari kartini, saatnya perempuan mulai geluti dunia usaha

id Peringatan hari kartini

Hari kartini, saatnya perempuan mulai geluti dunia usaha

Ownee Citrasari Kartikasari Kusumastuti. (Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Owner citrasari snack dan catering di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Kartikasari kusumastuti mengajak kaum perempuan memanfaatkan momen peringatan hari kartini sebagai tapak memulai menggeluti dunia usaha.

Dia mengatakan di era saat ini apalagi pada masa ekonomi sulit imbas pandemi COVID-19, perempuan tak musti duduk berdiam diri di rumah.

Perempuan bisa berpartisipasi membantu perekonomian keluarga. Selain tugas pokoknya sebagai seorang ibu rumah tangga tidak boleh diabaikan.

"Sekarang perkembangan teknologi semakin canggih. Bisa dimanfaatkan sebagai media bisnis online, kenapa tidak mencobanya," kata Kartikasari di Tanjungpinang, Rabu.

Perempuan kelahiran Jogjakarta, namun sukses berjualan kue-kue tradisional di pusat ibu kota Kepri itu yakin banyak jalan bagi perempuan untuk sukses menjadi pebisnis.

"Asal ada kemauan. Pasti ada jalan," tuturnya.

Usaha yang dia jalankan dengan omzet ratusan juta rupiah per bulan itu pun berawal dari modal impian, kemauan, dan mewujudkannya dengan sungguh-sungguh.

Ia berhasil menjalankan usaha sembari menjalankan peran jadi ibu rumah tangga.

"Bisnis dan keluarga, harus seimbang," tuturnya.

Setali tiga uang, seorang perempuan yang juga ibu rumah tangga di Kelurahan Kampung Bugis, Tanjungpinang, Erna Susanti juga mengajak kaum hawa berani menapaki dunia bisnis.

Menurutnya dewasa ini perempuan menjadi salah satu penggerak ekonomi bangsa.

Momen hari kartini harus jadi spirit agar para perempuan terus berpikir maju, misalnya dalam dunia usaha.

"Karena, kalau perempuan maju. Negara pasti maju," imbuhnya.

Ibu satu anak itu terbilang sukses menjalankan usahanya menjual aneka masakan jadi seperti ayam geprek, sotong balada, kentang goreng, jamur, udang, gonggong, dan berbagai minuman segar.

"Alhamdulillah, omzet per hari sekitar Rp700 ribu," ujar Erna.


 
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE