Polres Bintan kerahkan bhabinkamtibmas sosialisasi cegah pungli

id Sosialisasi cegah pungli

Polres Bintan kerahkan bhabinkamtibmas sosialisasi cegah pungli

Petugas Bhabinkamtibmas Polres Bintan, Polda Kepri, melakukan sosialisasi sapu bersih pungutan liar kepada warga setempat, Minggu (30/10). (ANTARA/HO-Humas Polres Bintan)

Tanjungpinang (ANTARA) - Polres Bintan, Polda Kepulauan Riau (Kepri) mengerahkan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) melakukan sosialisasi sapu bersih pungutan liar (pungli) setiap hari di semua kecamatan setempat.

Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono mengatakan personel bhabinkamtibmas bersosialisasi dengan cara berkeliling menjumpai warga hingga perkantoran pemerintah dengan membawa spanduk imbauan agar tidak melakukan pungli.

"Hal ini sejalan dengan program Polri yang prediktif, responsibilitas dan transparansi (Presisi) berkeadilan," kata Kapolres Bintan, Ahad.

Baca juga:
Pemkot Tanjungpinang ajak cegah kekerasan psikis terhadap anak dari rumah

PN Tanjungpinang ingatkan warga jauhi narkoba


Kapolres mengatakan upaya tersebut merupakan suatu bentuk antisipasi dalam mencegah terjadinya pungli yang dilakukan oleh oknum di instansi-instansi pelayanan publik.

Dalam kegiatan sosialisasi itu, katanya, personel bhabinkamtibmas di sejumlah wilayah menekankan kepada masyarakat agar tidak terlibat pungli karena penerima dan pemberi sama-sama dapat dipidana.

Mereka juga meminta warga melapor ke pihak kepolisian jika ada informasi tentang pungli dalam bentuk apapun di kantor-kantor pelayanan masyarakat.

“Apabila mengetahui adanya pungli, segera melapor ke Call Center 0821-7289-5722, 0813-7425-4210 atau kepada bhabinkamtibmas,” ucapnya.

Lebih lanjut Kapolres Bintan menyampaikan dalam kegiatan sosialisasi saber pungli, bhabinkamtibmas turut menyampaikan pesan-pesan keamanan dan ketertiban kepada masyarakat.

Warga diimbau tetap waspada terhadap segala tindak kejahatan. Salah satunya memarkirkan kendaraan sepeda motor di tempat aman dan dikunci ganda supaya hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

Baca juga:
DLH Tanjungpinang sebut bisnis sampah semakin menarik minat warga

Menpan RB resmikan MPP Tanjungpinang

KLHK minta Tanjungpinang beradaptasi terhadap perubahan iklim

Pemkot Tanjungpinang imbau pedagang berjualan di pasar sementara

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE