Tips aman berkendara ketika musim hujan

id Tips otomotif, tips berkendara

Tips aman berkendara ketika musim hujan

Ilustrasi: berkendara pada saat hujan (ANTARA/Ho/Suzuki)

Jakarta (ANTARA) -
Membawa kendaraan saat musim seperti saat ini perlu keahlian ekstra. Tidak hanya kemampuan umum, berbagai persiapan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan juga harus dilakukan.
 
Dalam keterangan resminya pada Selasa, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan tiga poin penting saat berkendara ketika musim hujan.
 
"Semoga tips ini bermanfaat bagi pengendara dan dapat tetap beraktivitas dengan lebih aman dan nyaman ketika dalam kondisi hujan," kata Marketing People Development Department Head PT Astra Daihatsu Motor, Ben Faqih.
 
Periksa kendaraan
Periksa kendaraan dengan baik. Hal ini meliputi berbagai pengecekan, seperti kondisi ban, segera ganti jika karet ban sudah tipis. Alur ban yang masih bagus dapat meminimalisasi risiko melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip) ketika hujan.
 
Lakukan pengecekan karet wiper secara rutin. Komponen ini penting dalam menyapu air untuk menjaga visibilitas ketika berkendara. Lakukan penggantian dengan yang baru di bengkel resmi bila sapuannya tidak bersih.
 
Persiapan fisik
Kondisi fit saat mengemudi sangat membantu agar tetap fokus dalam berkendara. 
 
Sedia payung di dalam mobil. Ini dapat melindungi tubuh dari guyuran air hujan ketika turun dari mobil. Membawa atau menggunakan baju hangat ketika berkendara. Untuk berjaga-jaga, anda juga dapat menyediakan alas kaki atau sandal cadangan di dalam mobil.

Saat berkendara
Ketika hujan turun cukup deras, pengemudi disarankan untuk menyalakan lampu. Hal ini akan membantu untuk melihat pandangan di jalanan yang biasanya kurang jelas, dan memberi tanda bagi pengendara di sekitar.
 
Selalu jaga jarak, dan kecepatan dengan kendaraan lain agar dapat bereaksi terhadap manuver pengendara lain yang mendadak, terutama ketika menghindari genangan air, jalanan rusak, dan hambatan eksternal lainnya.
 
Jangan menyalakan lampu hazard ketika hujan, karena dapat mengganggu konsentrasi dan menyulitkan pandangan pengendara lain.Saat melintasi jalan yang tergenang, diharapkan tetap tenang, dan disarankan untuk menggunakan gigi rendah dan RPM yang stabil.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tips aman berkendara pada saat musim hujan

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE