Kodim Karimun Napak Tilas Kepahlawanan Sudirman

id infantri, ulang, tahun, long march, karimun, kodim, tuah, sakti, riau, sudirman

"Long march" HUT Infantri di Karimun. (kepri.antaranews.com/Rusdianto)

Karimun (ANTARA News) - Komando Distrik Militer 0317/Karimun, Provinsi Kepulauan Riau menggelar napak tilas dengan ''long march'' sepanjang 20 kilometer guna menghayati kepahlawanan Panglima Besar Jenderal Sudirman yang bergerilya mengusir penjajah Belanda.

Napak tilas itu berkaitan dengan HUT ke-65 Infantri, diikuti satu peleton atau 37 personel TNI AD yang dilepas Komandan Komando Distrik) 0317/Karimun Letkol (Arh) I Gede Widiyana di halaman Komando Rayon Militer  04 Kecamatan Tebing, di Desa Pongkar, Kamis.

Peserta "long march" adalah Peleton Ranting Yudha Wastu Pramuka Jaya, dengan rute Desa Pongkar menuju simpang Mutiara Meral dan berlanjut ke markas Kompi Senapan B Batalyon Infanteri 134/Tuah Sakti di Kelurahan Pasir Panjang, Meral.

Dandim Letkol (Arh) I Gede Widayana saat melepas peserta mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menghayati semangat perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman sebagai modal guna menjaga kedaulatan bangsa dan negara.

Semangat dan perjuangan Sudirman dalam mengusir Belanda yang ingin kembali menjajah pada 1948 harus diteladani generasi sekarang dan masa mendatang, katanya.

Selain itu,  kegiatan napak tilas yang merupakan rangkaian HUT Infanteri diharapkan dapat meningkatkan keharmonisan antara TNI dengan rakyat.

''Hubungan yang harmonis antara prajurit dengan rakyat menjadi modal utama dalam menjaga keutuhan NKRI, terlebih lagi Karimun berada di kawasan perbatasan yang rawan ancaman dan tantangan,'' katanya.

Acara pelepasan dihadiri unsur Muspida Karimun, pengurus Legiun Veteran Republik Indonesia dan Persatuan Istri Prajurit (Persit) Kartika Chandra Kirana itu.

Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Mishobbal mengatakan, selain kegiatan napak tilas, HUT Infanteri kali ini juga diperingati dengan menggelar bhakti sosial, seperti donor darah, memberikan bantuan ke panti asuhan dan anak yatim serta gotong royong.

"Puncak HUT Infanteri tingkat Kepulauan Riau digelar di Batam pada 19 Desember 2010,'' katanya. (ANT-028/A013/Btm1)
Editor: Jo Seng Bie
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar