Tahapan Pemilu 2024 di Kepri berjalan normal selama Ramadhan

id KPU, Kepri,tahapan Pemilu 2024 berjalan normal selama ramadhan,tahapan pemilu, pemilu, pemilu 2024

Tahapan Pemilu 2024 di Kepri berjalan normal selama Ramadhan

Ketua KPU Kepri Sriwati. ANTARA/Nikolas Panama

Tanjungpinang (ANTARA) - KPU Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menegaskan bahwa tahapan Pemilu 2024 berjalan normal selama Ramadhan.

Ketua KPU Kepri Sriwati di Tanjungpinang, Kamis, mengatakan seluruh tahapan Pemilu 2024 yang telah ditetapkan wajib dilaksanakan, meskipun saat Ramadhan. Bagi KPU Kepri, kata dia ibadah selama bulan puasa bukan menjadi penghalang untuk melaksanakan tahapan pemilu.

Berdasarkan pengalaman pemilu dan pilkada sebelumnya, kata dia kadang-kadang anggota dan staf KPU Kepri harus buka puasa di kantor karena banyak pekerjaan yang harus ditangani.

"Ibadah puasa justru menambah semangat kami untuk menyelenggarakan tahapan pemilu. Puasa juga bisa meningkatkan silaturahim di internal kami," ucapnya.

Baca juga:
Indeks kerawanan pemilu di Batam kategori sedang

Kejati Kepri tingkatkan penanganan sengketa pemilu


Saat ini, kata dia KPU Kepri mempersiapkan tim untuk melakukan verifikasi faktual syarat minimal dukungan pemilih terhadap Juanda, bakal calon anggota DPD RI. Verifikasi faktual terhadap sampel pemilih yang diklaim mendukung Juanda dilaksanakan dalam waktu dekat di Tanjungpinang dan Kota Batam.

Selain itu, kata dia KPU Kepri juga akan menetapkan data pemilih berdasarkan hasil pencocokan dan penelitian yang dilaksanakan sejak 14 Februari - 14 Maret 2023.

"Bulan ini sama seperti bulan selanjutnya, kegiatan kami cukup padat. Semakin mendekati hari pemungutan suara, maka semakin padat kegiatan KPU Kepri," ujarnya.

Sriwati mengatakan bahwa dalam situasi yang penting, kadang-kadang anggota dan staf KPU Kepri tetap bekerja pada hari libur. Misalkan, saat melakukan verifikasi faktual terhadap syarat minimal dukungan pemilih, yang perlu dilakukan pada hari libur.

Baca juga:
Pakar Unand: Prabowo Subianto - Ganjar Pranowo pasangan ideal maju di Pilpres 2024

Susno Duaji daftar jadi bacaleg PKB


"Staf yang membantu penyelenggaraan tahapan penyeleksian calon anggota KPU Kepri juga bekerja saat hari libur," katanya.

Menurut dia, tahapan penyeleksian calon anggota KPU Kepri serta penyeleksian KPU kabupaten dan kota dilaksanakan sampai sekarang. Penyeleksian untuk calon anggota KPU Kepri memasuki uji kelayakan dan kepatutan, sedangkan penyeleksian calon anggota KPU kabupaten dan kota baru memasuki tes administrasi.

"Tahapan penyeleksian penyelenggara pemilu tetap dilaksanakan di bulan Ramadhan," imbuhnya.

Baca juga:
KPU sosialisasi jumlah kursi tiap dapil untuk DPRD Natuna

Jokowi: Pertemuan dengan Megawati bicarakan capres PDIP

Bawaslu Kepri tingkatkan kapasitas pengawasan dengan investigasi

Parpol tak boleh campur adukan Ramadhan dengan kampanye

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE