Wakil Bupati Bintan terpilih fokus memperkuat potensi ekonomi lokal

id Potensi ekonomi lokal

Wakil Bupati Bintan terpilih fokus memperkuat potensi ekonomi lokal

DPRD Bintan menggelar sidang paripurna pemilihan Wakil Bupati Bintan sisa masa jabatan 2021-2024, Kamis (24/8/2023). (Ogen)

Bintan (ANTARA) - Wakil Bupati (Wabup) Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) terpilih sisa masa jabatan 2021-2024 Ahdi Muqsith, fokus memperkuat ekonomi berdasarkan potensi lokal yang berdaya saing di daerah tersebut.

"Ini salah satu langkah konkret dalam mewujudkan visi Kabupaten Bintan rumah kita, berdaya saing dan inovatif menuju masyarakat sejahtera," kata Ahdi Musqith usai ditetapkan jadi Wabup Bintan terpilih melalui sidang paripurna di kantor DPRD setempat, Kamis.

Menurutnya Bintan dengan letak geografis 96 persen lautan, punya potensi sangat besar di bidang kelautan dan perikanan, oleh karena itu pemberdayaan masyarakat nelayan dan pembudidayaan dapat direvitalisasi.

Ia menyebut ke depan nelayan dan pembudidaya harus merubah pola yang selama ini berjalan, yaitu dari tangkap jual menjadi tangkap olah jual, sehingga dapat menaikkan nilai ekonomi dari hasil tangkap atau budidaya tersebut.

"Untuk mendukung hal itu, kita akan proaktif dalam memberikan pembinaan dan pendampingan masyarakat berupa pelatihan, bantuan stimulus hingga bantuan konsultasi agar makin optimal dalam memanfaatkan sumberdaya yang ada," ujarnya.

Selain itu, sambungnya, potensi besar lainnya di Bintan ialah sektor pariwisata yang selama ini diketahui menjadi penopang pendapatan asli daerah (PAD).

Pasca pandemi COVID-19, lanjut dia, Bintan kembali berbenah untuk menerima wisman. Bintan terkenal akan keindahan wisata bahari dibalut panorama alam yang masih hijau dan alami. Salah satunya kawasan wisata terpadu Lagoi yang dikenal bertaraf internasional.

Untuk menghadapi hal itu, tentu bukan hanya destinasi wisata yang banyak dikunjungi yang harus dipersiapkan, namun bagaimana menyiapkan keterlibatan langsung warga dalam pengelolaan sektor wisata secara luas.

"Pemkab Bintan bisa mengoptimalkan program wisata oleh masyarakat, misalnya membentuk desa atau kampung wisata. Maupun membuat destinasi wisata baru yang berbasis masyarakat lokal, sehingga diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat lokal," ujarnya

Di sisi lain, ia pun akan terus berupaya mewujudkan SDM berkualitas dan berdaya saing melalui kemudahan akses pelayanan dasar, yaitu kesehatan dan pendidikan.

Menurutnya warga yang sehat dan terdidik, maka akan menghasilkan SDM berkualitas dan berdaya saing.

"Dampaknya tentu pada peningkan pembangunan dan ekonomi di Bintan," katanya pula.

Sebelumnya, DPRD Kabupaten Bintan, resmi menetapkan Ahdi Muqsith sebagai Wakil Bupati Bintan terpilih sisa masa jabatan 2021-2024 melalui sidang paripurna, Kamis.

Ahdi Muqsith dari Partai Demokrat itu terpilih dengan perolehan 20 suara, mengalahkan Dhenok Puspita Sari dari PKS dengan perolehan satu suara.

Keduanya menjadi calon Wakil Bupati Bintan sisa masa jabatan 2021-2024. Pemilihan keduanya dilakukan dengan sistem pencoblosan surat suara oleh sebanyak 23 anggota DPRD Kabupaten Bintan.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE