Menpan RB: Pemerintah siapkan insentif bagi ASN pionir yang pindah ke IKN

id Menteri PANRB,Tunjangan ASN,ASN IKN,Abdullah Azwar Anas,ikn

Menpan RB: Pemerintah siapkan insentif bagi ASN pionir yang pindah ke IKN

Menpan RB Abdullah Azwar Anas di Jakarta, Selasa (31/10/2023). (ANTARA/Rina Nur Anggraini)

Jakarta (ANTARA) - Menpan RB Abdullah Azwar Anas mengatakan Pemerintah telah menyiapkan insentif bagi ASN yang dipindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada gelombang pertama.

"Jadi, kami (Pemerintah) siapkan tunjangan pindah, tunjangan kemahalan, kepangkatan, dan seterusnya," kata Anas di Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa.

Anas menambahkan belum ditetapkan secara pasti berapa nilai insentif yang akan diberikan tersebut. Namun, dia mengungkapkan besaran insentif itu terdiri atas komponen harga kemahalan, risiko, hingga biaya kepindahan.

Terkait jumlah ASN yang akan dipindahtugaskan ke IKN pada gelombang pertama, Anas menyebut jumlah tersebut sesuai dengan gedung yang telah siap dipakai mulai Juli 2024.

"Kemarin sih simulasinya total 6.000 ASN sampai Juli, separuh kurang lebih 1.500-an untuk ASN, dan separuhnya untuk polri," kata Anas.

Saat ini, kata dia melanjutkan, Kemenpan RB dan Kementerian Keuangan sedang merumuskan besaran biaya insentif untuk para ASN.

Anas menegaskan bahwa insentif yang diberikan tersebut akan dihitung per orang dengan mempertimbangkan status keluarga. Menurut dia, ASN yang sudah berkeluarga dan belum berkeluarga nantinya akan diberikan fasilitas berbeda.

"Misalnya, belum ada suami atau istri, berarti tinggalnya di sharing apartment. Terus, kalau yang sudah berkeluarga, maka (tempat tinggal) akan berbeda," kata Anas.

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menpan RB sebut Pemerintah siapkan insentif ASN pionir pindah ke IKN

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE