Pemkab Natuna gelar pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana guna minimalisir dampaknya

id mitigasi bencana,kepri,natuna,pencegahan bencana ,minimalisir bencana,bpbd natuna,asrama hani natuna

Pemkab Natuna gelar pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana guna minimalisir dampaknya

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Natuna Raja Darmika saat memberikan sambutan. (ANTARA/Muhamad Nurman)

Natuna (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau menggelar pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana, guna meminimalisir dampak yang disebabkan oleh bencana.

Asisten 1 Bidang Pemerintahan Natuna Haidir di Natuna, Selasa, mengatakan kegiatan itu perlu dilakukan karena bencana tidak bisa dihindari.

"Kami mengapresiasi BPBD Natuna untuk kegiatan ini," ucap dia.

Ia berharap dengan adanya kegiatan tersebut bisa menambah wawasan para peserta.

"Ilmu yang didapat diharapkan bisa disampaikan atau dibagikan kepada yang lain," ujar dia.

Sementara, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Natuna Raja Darmika mengatakan kegiatan akan dilaksanakan selama tiga hari dimulai pada 28-30 November 2023 di Asrama Haji Kabupaten Natuna.

Ia menyebut pesertanya berasal dari pegawai BPBD Natuna, pegawai kecamatan, pegawai desa dan pegawai kelurahan Pemkab Natuna.

Untuk pegawai Kecamatan dan desa, kata dia, mengikuti kegiatan melalui daring sedangkan pegawai BPBD mengikuti kegiatan secara langsung di Gedung Asrama Haji Natuna.

"Pegawai BPBD 50 orang, untuk kecamatan, desa dan kelurahan sudah kita surati, kita meminta mereka mengirimkan satu orang mengikuti pelatihan ini," ucap dia.

Ia menjelaskan, tujuan kegiatan adalah untuk memberikan pemahaman kepada para pegawai terkait cara mencegah dan mitigasi bencana agar dampak dari bencana tersebut bisa diminimalisir.

"Tujuannya agar peserta khususnya internal BPBD dan aparatur kecamatan, desa dan kelurahan memiliki pengetahuan dasar terkait kebencanaan," ujar dia.

Ia menambahkan, pelatihan akan diisi oleh pelatih dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) BNPB RI. "Ada juga dari Pemkab Natuna," kata dia.*


Baca juga:
DPRD setujui Ranperda APBD Natuna 2024 sebesar Rp1,181 triliun

PLUT Batam catat sebanyak 1.580 UMKM telah kantongi NIB

Sebanyak 442 KPM-PKH di pulau penyangga Batam terima bantuan sembako

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE