PBB prihatinkan kabar Israel gunakan amunisi fosfor putih di Lebanon

id PBB, Prihatin, Fosfor Putih, Lebanon,israel,perang,buldoser israel,kejahatan manusia

PBB prihatinkan kabar Israel gunakan amunisi fosfor putih di Lebanon

Arsip Foto - Tentara Lebanon mengamati buldoser milik Israel yang sedang digunakan untuk membangun pagar pertahanan dekat perbatasan Lebanon-Israel, Senin (23/1/2023). ANTAR/Xinhua/Ali Hashisho/am.

New York (ANTARA) - PBB sangat memprihatinkan laporan yang menyebutkan Israel menggunakan amunisi fosfor putih yang dipasok Amerika Serikat saat menyerang Lebanon selatan.

Saat ditanya Anadolu tentang laporan Washington Post, Juru Bicara PBB Stephane Dujarric mengaku tidak memiliki informasi apa pun untuk mengonfirmasi laporan itu.

"Kami jelas sangat memprihatinkan penggunaan amunisi jenis ini, khususnya di daerah padat penduduk," kata dia pada Senin waktu setempat.

"Tapi kami akan lihat dulu apa ada hal lain yang bisa saya sampaikan kepada Anda mengenai soal itu," sambung dia.

Washington Post melaporkan Israel melancarkan serangan pada 16 Oktober di Dheira, sebuah kota kecil di Lebanon yang berdekatan dengan perbatasan Israel. Sedikitnya sembilan orang terluka akibat serangan itu.

Kelompok hak asasi manusia Amnesty International menyerukan  penyelidikan dengan menyebut insiden tersebut berpotensi sebagai kejahatan perang.

Di antara sembilan korban luka-luka dalam serangan itu, sedikitnya tiga orang dirawat di rumah sakit, satu di antaranya dirawat selama beberapa hari, lapor The Post.

Sumber: Anadolu
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE