Sembilan daerah di Riau Siaga Darurat Banjir

id BPBD Riau,Kampar,Riau,Pekanbaru,Banjir,BPBD,BNPB,TNI/Polri,Siaga Darurat bencana,Darurat Banjir,Hujan,Mus8m Hujan

Sembilan daerah di Riau  Siaga Darurat Banjir

Bencana banjir yang kini melanda sejumlah daerah di Riau, nampak anak-anak bermaian air yang mengenangi jalan dan rumah mereka. ANTARA/HO-Humas BPBD Riau.

Pekanbaru (ANTARA) - BPBD Provinsi Riau mencatat sembilan kabupaten/kota di provinsi setempat yang menetapkan status siaga darurat banjir, guna meningkatkan upaya pencegahan bencana, penanganan tanggap darurat, rehabilitasi, dan rekonstruksi secara adil dan setara.

"Kesembilan daerah yang telah menetapkan status siaga darurat banjir itu adalah Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, Pelalawan, Kuantan Singingi, Siak, dan Indragiri Hulu," kata Kepala Pelaksana BPBD Riau M Edy Afrizal dalam keterangannya di Pekanbaru, Selasa.

Menurut Edy, penetapan status siaga darurat banjir itu penting sesuai Perpres No 8 tahun 2008 tentang BNPB pasal 2 ayat 2, yang menjelaskan bahwa darurat bencana sebagai upaya penanggulangan bencana yang mencakup pencegahan bencana, penanganan tanggap darurat, rehabilitasi, dan rekonstruksi secara adil dan setara.

Implikasinya, katanya, ditindaklanjuti melalui Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 03 Tahun 2016 Tentang Sistem Komando Penanganan Darurat Bencana, bahwa status siaga darurat adalah keadaan ketika potensi ancaman bencana sudah mengarah pada terjadinya bencana yang ditandai dengan adanya informasi peningkatan ancaman.

"Karena itu penting kita mendorong tiga daerah lain yang belum menetapkan status serupa, yakni Kota Dumai, Indragiri Hilir -Inhil-, Kabupaten Kepulauan Meranti untuk meminimalisasi korban. Namun Kabupaten Kepulauan Meranti berdasarkan informasi saat ini sedang menyiapkan penetapan status siaga banjir juga," katanya.

Selain itu, kata Edy Afrizal pula, pihaknya sudah mengirimkan bantuan logistik untuk daerah yang terdampak banjir berupa makanan, obat-obatan, serta selimut, keperluan mandi, dan lain-lain.


 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE