Pemkot Batam tingkatkan pemahaman literasi digital pada kalangan ASN

id Kepri,batam ,ASN,literasi digital,pemkot batam,bkpsdm,Kementerian Kominfo RI,Pemilu Damai di Ruang Digital,Dirjen Aptika

Pemkot Batam tingkatkan pemahaman literasi digital pada kalangan ASN

Pemkot Batam bersama Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam bekerja sama dengan Kementerian Kominfo RI menyelenggarakan kegiatan Literasi Digital dengan tema “Pemilu Damai di Ruang Digital”, Selasa (16/1/2024). (ANTARA/HO-Pemkot Batam)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau meningkatkan pemahaman literasi digital di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Sumber Daya Manusia (SDM), yang bekerja sama dengan Kementerian Kominfo RI.

Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Batam Heriman di Batam, Selasa mengatakan kegiatan Literasi Digital dengan tema “Pemilu Damai di Ruang Digital” berlangsung selama 3 hari tersebut dilaksanakan secara hybrid antara tatap muka dan daring yang dihadiri hingga 1.000 orang PNS dan PPPK Pemkot Batam.

Ia berharap melalui kegiatan tersebut para ASN memperoleh kecakapan digital serta menjaring penyampai pesan kedamaian dalam kontestasi Pemilu tahun 2024.

"Kegiatan literasi digital diisi berbagai agenda yang menghadirkan narasumber dari berbagai pejabat dan tokoh yang berpengalaman dalam tema yang akan dibahas, seperti pemahaman aturan pemilu, aturan ASN, penggunaan media digital secara baik serta yang terkait dengan penyelenggaraan tahapan Pemilu," kata Heriman.

Dengan pemahaman tersebut, nantinya, ASN Pemkot Batam terhindar dari konsekuensi-konsekuensi hukum karena ketidaktahuan terhadap aturan dan batasan-batasan dalam menggunakan media digital.

“Semoga dengan kegiatan ini, ASN dan SDM Pemerintah Kota Batam dapat lebih siap menghadapi dinamika ruang digital secara bijaksana dan bertanggung jawab," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengajarkan masyarakat untuk membangun citra yang baik di ruang digital sebagai salah satu cara membuka potensi pemanfaatan platform-platform di ruang siber.

Salah satu poin yang ditekankan dan dapat dilakukan masyarakat untuk menciptakan citra baik di ruang digital ialah dengan memanfaatkan saluran digital dengan bertanggung jawab.

“Menggunakan saluran digital untuk membangun citra diri yang positif, berintegritas, dan dapat dipertanggungjawabkan memiliki potensi untuk membuka peluang kesuksesan bagi individu yang menggunakannya," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan.

Baca juga:
Pemkot Batam salurkan sembako subsidi di 59 lokasi

Bupati Natuna komitmen beri bantuan uang transportasi untuk Satlinmas

Anggota Komisi V DPR RI resmikan jembatan wisata magrove di Natuna

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE