KPU Bintan: Logistik pemilu sudah tiba di Tambalen setelah berlayar 19 jam

id Pengiriman logistik pemilu,kepri,bintan,pemilu 2024,pilpres 2024,kpu bintan,Tambalen,logistik pemilu

KPU Bintan: Logistik pemilu sudah tiba di Tambalen setelah berlayar 19 jam

Aparat kepolisian mengawal pengiriman logistik pemilu 2024 di Pulau Tambelan, Kabupaten Bintan, Kepri, Rabu (7/2/2024). ANTARA/Ogen.

Bintan, Kepri (ANTARA) - KPU Kabupaten Bintan menyatakan pengiriman logistik pemilu tahap satu ke wilayah kepulauan, khususnya Kecamatan Pulau Tambelan, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, sudah tiba dengan selamat dan aman, setelah menempuh perjalanan laut sekitar 19 jam.

"Alhamdulillah, logistik sudah disimpan di Kantor Kecamatan Tambelan, tinggal didistribusikan ke TPS," kata Ketua KPU Kabupaten Bintan Haris Daulay, di Bandar Seri Bentan, Rabu.

Haris menjelaskan logistik pemilu untuk Pulau Tambelan bergerak dari gudang KPU Bintan sekitar pukul 15.30 WIB ke Pelabuhan Roro Kampung Mentigi Tanjung Uban, pada Senin (5/2).

Setelah itu, kata dia, logistik dimuat pada bagian lower Kapal Roro KM Bahtera Nusantara 01. Lalu, sekitar pukul 20.45 WIB kapal mulai lepas tali dan berlayar menuju Pulau Tambelan. Pengiriman logistik dikawal langsung oleh aparat kepolisian bersama Bawaslu setempat.

"Logistik sudah sampai ke Pulau Tambelan sekitar pukul 13.30 WIB, Selasa (6/2)," ujar Haris.

Haris menyampaikan jenis logistik yang dikirim tersebut untuk kebutuhan 17 tempat pemungutan suara (TPS) se-Kecamatan Tambelan.

Adapun rinciannya, antara lain lima kotak surat suara untuk masing-masing jenis pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi daerah pemilihan (dapil) Kepri II dan DPRD Kabupaten Bintan dapil Bintan II.

Selain itu kotak tersebut juga berisi perlengkapan TPS dan formulir-formulir sesuai kebutuhan serta surat suara untuk masing-masing jenis sebanyak 3.963 lembar. Kemudian, juga perlengkapan di luar kotak suara, antara lain salinan, bilik suara serta kotak kontainer plastik.

"Kami juga mengirimkan formulir C pemberitahuan yang akan didistribusikan oleh KPPS kepada pemilih," ujarnya.

Haria mengatakan saat ini pihaknya tengah mempersiapkan skenario pendistribusian logistik pemilu tahap dua, khususnya ke pulau-pulau terdekat melalui jalur laut. Misalnya ke Pulau Mapur, Pangkil, Dendun dan Telang.

Dia juga memastikan distribusi logistik Pemilu 2024 untuk sepuluh kecamatan se-Kabupaten Bintan bisa selesai pada tanggal 12 Februari 2024.

"Logistik sudah siap 100 persen. Tanggal 12 Februari dipastikan sudah sampai ke tingkat kecamatan, selanjutnya tinggal didistribusikan ke semua TPS," ujar Haris.

Dia menyebut daftar pemilih tetap (DPT) pemilu 2024 di Kabupaten Bintan sebanyak 123 ribu pemilih, yang tersebar di 496 TPS di 51 desa dalam sepuluh kecamatan.

Baca juga:
KPK dan KPU fasilitasi tahanan coblos surat suara Pemilu 2024 di rutan

Hari kampanye ke-72, Prabowo-Gibran nonton konser di Medan

Bawaslu Natuna gelar bimbingan teknis untuk saksi partai politik

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KPU: Logistik pemilu sudah tiba di Tambalen setelah berlayar 19 jam

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE