Pemkot Batam imbau pengelola wisata untuk tingkatkan keamanan saat Lebaran

id Kepri,batam ,lebaran ,tempat wisata ,liburan,Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,disbudpar,idul fitri

Pemkot Batam imbau pengelola wisata untuk tingkatkan keamanan saat Lebaran

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam Ardiwinata. ANTARA/Jessica

Batam, Kepri (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Kepulauan Riau, mengimbau pengelola tempat wisata untuk meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan para pengunjung selama libur Lebaran 2024.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam Ardiwinata di Batam, Kepri, Selasa, mengatakan pihaknya memproyeksikan akan banyak para wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke tempat-tempat wisata saat libur Lebaran.

"Kami meminta pengelola tempat wisata untuk menjaga kenyamanan dan keamanan para pengunjungnya. Imbauan ini sebenarnya juga sudah kita sampaikan melalui surat edaran," katanya.

Ia menyampaikan pengelola tempat wisata harus meningkatkan pengawasan dan kewaspadaan terhadap sarana dan prasarana vital di objek wisata, terutama yang berpotensi menimbulkan kecelakaan dan berisiko tinggi bagi wisatawan.

"Seperti memeriksa venue-venue permainan yang sering dipakai ataupun tempat-tempat selfie seperti jembatan mini," ujar dia.

"Kantong parkir juga harus disiapkan, agar bisa menghadapi lonjakan jumlah kendaraan milik wisatawan yang datang ke tempat tersebut," tambah Ardiwinata.

Selain itu, Ardi juga meminta pengelola tempat-tempat wisata untuk memerhatikan kebersihan dan mengedukasi pengunjung agar tidak buang sampah sembarangan, sehingga pengunjung merasa aman selama libur Lebaran.

"Kemudian, kondisi cuaca juga harus diperhatikan, kalau memang tidak memungkinkan untuk berlibur ke tempat wisata karena cuaca yang kurang baik, maka jangan dipaksakan, agar tidak ada hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi di hari kemenangan yang penuh kegembiraan ini," ujar Ardiwinata.

Baca juga:
Gubernur Ansar: Mudik Lebaran dorong perputaran uang

Penumpang internasional Hang Nadim Batam naik 10 persen menjelang lebaran

Polres Bintan kerahkan personel untuk jaga rumah warga yang ditinggal mudik

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE