Tiga calon haji di Kota Batam tunda keberangkatan ke Tanah Suci tahun ini

id Kepri,batam ,haji 2024 ,jamaah ,mekkah,arab saudi,naik haji,berangkat haji,kemenag batam,kementerian agama kota batam,Embarkasi Hang Nadim Batam

Tiga calon haji di Kota Batam tunda keberangkatan ke Tanah Suci tahun ini

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam Zulkarnain memasangkan kacu penanda untuk calon haji asal Batam (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Kepulauan Riau menyebutkan tiga calon haji wilayah setempat menunda keberangkatan ke Tanah Suci tahun ini.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam Zulkarnain di Batam, Selasa, mengatakan pada musim haji tahun ini 731 calon haji dipastikan berangkat melalui Embarkasi Hang Nadim Batam.

"Sebenarnya 734 orang, namun didetik terakhir menjelang keberangkatan ada tiga orang yang minta penundaan, di antaranya karena suami istri yang tidak satu kuota keberangkatan, ada juga yang ingin fokus untuk pengobatannya. Jadi total untuk yang kita berangkatkan 731 jamaah," kata dia.

Ia menjelaskan 731 calon haji tersebut terbagi dalam tiga kloter keberangkatan, yaitu kloter 1, kloter 2, dan kloter 15.

Ia menjelaskan mereka yang tergabung dalam kloter 1 dijadwalkan berangkat pada 12 Mei 2024 berjumlah 93 calon haji dari Batam, bergabung dengan jamaah Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, dan Kabupaten Natuna.

Kloter 2 berjumlah 225 calon haji asal Batam berangkat pada 13 Mei 2024, bergabung dengan Kabupaten Karimun dan Kabupaten Anambas.

"Dan full dari Batam, satu kloter penuh itu adalah kloter 15 ada di gelombang kedua, akan kita berangkatkan pada tanggal 27 Mei," kata Zulkarnain.

Ia menyampaikan pada keberangkatan haji tahun ini, calon haji tertua dengan usia 93 tahun dan termuda 18 tahun.

Ia mengatakan 65 persen dari total jamaah calon haji dengan rentan usia 45-55 tahun.

"Jadi cukup banyak yang masih muda-muda ya. Dan yang lansia banyak 10 persen atau sekitar 70-an orang," ujar dia.

Baca juga:
TNI AL tambah 2 KAL perkuat pengaman laut Indonesia
Pemprov Kepri salurkan bantuan Rp15 miliar untuk tiga kecamatan di Natuna
Pemkot Batam berikan uang saku sebesar Rp1 juta untuk tiap calon haji

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE