Pemerintah proyeksi investasi "family office" capai 500 miliar dolar AS

id family office,investasi,Sandiaga Uno,Menko Marves,Luhut Pandjaitan

Pemerintah proyeksi investasi "family office" capai 500 miliar dolar AS

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (1/7/2024). ANTARA/Mentari Dwi Gayati

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah memproyeksikan investasi dari pengelolaan dana berbasis keluarga atau family office yang dapat ditarik ke Indonesia mencapai 500 miliar dolar AS dalam beberapa tahun ke depan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mencatat jumlah tersebut merupakan 5 persen dari total dana yang dimiliki perusahaan keluarga atau family office di dunia sebesar 11,7 triliun dolar AS.

"Kalau kita lihat kemarin yang dipresentasikan total family office ini mencapai 11,7 triliun USD dana yang dikelola. Kalau Indonesia bisa menarik 5 persen saja, kita bicara angka 500 miliar USD itu cukup besar dalam beberapa tahun ke depan," kata Sandiaga di  Jakarta, Senin.

Sandiaga menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo menginstruksikan pembentukan tim khusus yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan untuk mengkaji skema investasi family office ini di Indonesia.

Kajian yang dilakukan dalam satu bulan ke depan itu akan membahas soal regulasi dan potensi, serta banyaknya permintaan dari komunitas family office di dunia yang menginginkan skema tersebut dapat diterapkan di Bali.

"Sudah dipikirkan dari segi potensi, regulasi dan akan dibentuk tim khusus untuk mengkaji ini dan diharapkan kita bisa juga menawarkan seperti Singapura, Dubai, Hong Kong, ada daya tarik dari pengelolaan dana berbasis keluarga ini di Indonesia," kata Sandi.






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemerintah proyeksikan investasi "family office" 500 miliar dolar AS

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE