Pemkab Natuna beri bantuan alat sederhana ke pelaku usaha rumahan

id UKM,UMKM,industri rumahan,Perindustrian,perdagangan,koperasi,usaha mikro,natuna,ibu rumah tangga

Pemkab Natuna beri bantuan alat sederhana ke pelaku usaha rumahan

Foto bersama usai penyerahan bantuan secara simbolis di Posyandu Air Raya pada Rabu (28/8/2024). (ANTARA/Muhamad Nurman)

Natuna (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau memberikan bantuan alat usaha sederhana ke pelaku industri rumahan perempuan.

Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda di Natuna, Rabu, mengatakan tujuan diberikannya bantuan agar para perempuan yang didominasi ibu rumah tangga bisa meningkatkan ekonomi keluarganya.

"Kita sadar bantuan ini belum seberapa, tapi kami akan terus berupaya untuk memberikan bantuan secara bertahap kepada masyarakat yang membutuhkan nya," ucap dia.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Natuna Sri Riawati mengatakan alat sederhana itu meliputi, kompor, kuali, panci dan beberapa peralatan untuk membuat makanan serta menyimpan makanan.

"Kita sengaja memberikan dalam bentuk barang, karena takut kalau dalam bentuk uang tidak jadi barangnya," ucap dia.

Ia memastikan bantuan yang diberikan tepat sasaran pasalnya peralatan yang diberikan merupakan permintaan dari penerima bantuan.

"Bantuan serupa juga telah kita berikan ke beberapa desa lainnya, total ada empat desa dan satu kelurahan, yang kita serahkan hari ini di Kelurahan Bandarsyah," ujar dia.

Adapun jumlah penerima bantuan sebanyak 13 orang pelaku usaha rumahan yang sebelumnya di data oleh kelurahan.

"Jika diberikan dalam bentuk uang, satu orang paling sedikit menerima Rp1 juta dan paling tinggi Rp2 juta," ucap dia.

Menurut dia, penerima tidak hanya diberikan bantuan namun akan dipantau dan dibimbing hingga usaha yang digeluti naik tingkat menjadi usaha kecil menengah.

"Setelah naik tingkat baru kita lepas dan kita serahkan kepada Disperindagkopum (Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro)," ujar dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE