Pelindo Karimun Berkomitmen Setor Kontribusi Pelabuhan STS

id Pelindo,Karimun,Setor,Kontribusi,Pelabuhan,STS,labuh,kapal

Datanya sedang kami cek ulang untuk menghitung berapa dana kontribusi itu
Karimun (Antara Kepri) - PT Pelindo I Cabang Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau, berkomitmen untuk menyetor kontribusi pendapatan pelabuhan "ship to ship" transfer 2013 untuk Pemerintah Kabupaten Karimun melalui Badan Usaha Pelabuhan.

"Datanya sedang kami cek ulang untuk menghitung berapa dana kontribusi itu," kata Manajer Bisnis PT Pelindo I Cabang Tanjung Balai Karimun Junaidi di Tanjung Balai Karimun, Senin.

Junaidi mengakui ada dana kontribusi pengelolaan perairan Karimun sebagai pelabuhan kawasan labuh dan alih muatan atau STS transfer yang belum disetor kepada pemerintah daerah melalui PT Karya Karimun Mandiri (KKM) selaku BUP milik Pemkab Karimun.

Dia mengatakan dana kontribusi jasa STS tranfer yang belum disetor adalah uang jasa labuh kapal, sedangkan uang jasa tunda dan pandu sepenuhnya milik PT Pelindo I.

"Kontrak kerja sama dengan BUP terhenti pada 2015. Salah satu penyebabnya adalah jasa labuh sudah diambilalih Kementerian Perhubungan sebagai Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP)," kata dia.

General Manager PT Pelindo I Cabang Tanjung Balai Karimun Syamsul Bahri Kautjil dalam satu kesempatan juga mengatakan bahwa pihaknya sedang mengecek ulang data uang jasa labuh di pelabuhan STS, dan selanjutnya disisihkan untuk BUP Karimun dengan jumlah sesuai perjanjian kerja sama yang disepakati beberapa tahun lalu. "Mudah-mudahan secepatnya terealisasi," kata Syamsul.

Data menunjukkan dana kontribusi pelabuhan STS untuk BUP Karimun yang belum diberikan dengan jumlah sekitar Rp4 miliar.

DPRD Karimun beberapa waktu lalu sempat mempertanyakan dan memanggil General Manager PT Pelindo I Cabang Tanjung Balai Karimun yang kala itu dijabat Agastiyan Kenanga Bumi.

Kontribusi jasa labuh kapal di STS tersebut belum dibayarkan PT Pelindo I karena ketidaksesuaian data yang dimiliki BUMN tersebut dengan BUP Karimun.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengharapkan Dirut PT KKM yang baru Indrawan Susanto diharapkan  menyelesaikan persoalan dana kontribusi pendapatan STS yang belum disetor PT Pelindo I Cabang Tanjung Balai Karimun.

"Saya sudah memberikan penekanan kepada Dirut KKM yang baru agar menyelesaikan masalah dana kontribusi yang belum disetor itu," kata Aunur Rafiq. (Antara)

Editor: Nusarina Yuliastuti

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE