Pertamina Lubricants eskpor lube base oil ke Tiongkok

id pertamina, pelumas, oli,pertamina lubricants,messa haris

Bulk Tanker yang digunakan Pertamina Lubricants untuk mengeskpor lube base oil BS 150 ke Tiongkok dari terminal bahan bakar minyak (TBBM) Kabil. (Antaranews Kepri/Pradanna Putra)

Selain ke Tiongkok, pihaknya juga telah melakukan ekspor ke 17 negara lainnya di kawasan Asia diantaranya Thailand dan Australia.
Batam (Antaranews Kepri) - PT Pertamina Lubricants mengekspor perdana lube base oil BS 150 ke Tiongkok dari terminal bahan bakar minyak (TBBM) Kabil Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

"Visi Pertamina lubricant ingin menjadi pemain global dan ini momentum untuk kita menjadi pemain global dengan mengekspor lube base oil ke Tiongkok," kata Direktur Utama Pertamina Lubricants, Afandi Anwar, di Batam, Jumat.

Afandi mengatakan Pertamina Lubricants masih menjadi market leader di Indonesia dengan jumlah pengguna mencapai 50 sampai 60 persen.

Selain ke Tiongkok, pihaknya kata Afandi telah melakukan ekspor ke 17 negara lainnya di kawasan Asia diantaranya Thailand dan Australia.

"Kita baru saja mengakuisisi perusahaan minyak di Thailand yang saat ini sudah berganti nama menjadi Pertamina Lubricants Thailand," kata dia.

Afandi menambahkan menjadi pemain global sebagai upaya Pertamina Lubricants bertahan atas persaingan yang sangat kuat meski value entrinya tidak terlalu besar.

PT Pertamina Lubricants lanjut Afandi melalui berbagai inovasi dan pengembangan teknologi termutakhir, terus mengelola kegiatan produksi dan pengelolahan pelumas, grease, specialties product dan base oil untuk para pelanggannya.

"Pertamina Lubricants telah menunjukkan komitmennya untuk mewujudkan visinya menjadi perusahaan pelumas berkelas dunia dengan melakukan ekspor perdana sekaligus peluncuran Trading Hub Lube Base Oil Kabil Port Batam," kata Afandi.

PT Pertamina Lubricants lanjut Afandi  mengirimkan 6.000 MT LBO BS 150 kepada PT PetroChina International (H.K) Co., Ltd dengan tujuan Taichan Port, China.
 
Direktur Utama PT Pertamina Lubricants, Afandi Anwar (tengah) usai meresmikan secara langsung ekspor perdana lube base oil BS 150 ke Tiongkok dari terminal bahan bakar minyak (TBBM) Kabil. (Antaranews Kepri/Pradanna Putra)

Afandi mengatakan pihaknya terus berkomitmen untuk mengoptimalkan kemampuan agar dapat bersaing di pasar internasional khususnya di Asia.

"Pengiriman ekspor LBO BS150 sebelumnya dilakukan dari Refinery (RU) IV Cilacap sebelum ditentukan di Kabil, Kota Batam," kata Afandi.

Menurut Afandi, Kabil memiliki kapasitas penyimpanan stok yang lebih besar dan lebih ramah bagi konsumen PT Pertamina Lubricants.

Seperti melakukan ekspor dengan bulk atau vessel dan kemampuan untuk mengakomodir spek kapal yang lebih besar seperti kapal jenis Ocean Going dan Mother Vessel.

"Kedepannya kami berkomitmen memaksimalkan penjualan dan ekspor melalui TBBM kabil ini," kata dia. 

Diantaranya kata Afandi penjualan melalui flexy bag, partai kecil, IBC hasil blending dan hasil trading.

"Hal ini sesuai dengan strategi yg dimiliki oleh divisi overseas PT Pertamina Lubricats yaitu LBO Kabil 5.0," papar Afandi.

Ekspor perdana ini lanjut Afandi menandakan kemampuan Pertamina Lubricants dalam pengelolahan base oil ke pasar internasional dengan skala dan volume yang lebih besar serta jarak yang lebih jauh.

Kedepan kata Afandi pihaknya akan terus melakukan penjajakan untuk melakukan ekspor dari Kabil Batam ke berbagai konsumennya di berbagai region di dunia. Seperti India, Timur Tengah, Eropa, Asia dan Australia.

Afandi berharap program yang digagas, diproduksi dan dikerjakan putra-putri terbaik bangsa ini dapat memberi manfaat bagi perekonomian nasional dan internasional.

Serta memacu bidang usaha sejenis untuk selalu melakukan inovasi, dan mengembangkan teknologi. (Antara)
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar