Polda Kepri Bangun Sekolah Untuk Anak Jalanan

id polda kepulauau riau, pendidikan anak jalanan, sekolah,

Polda Kepri Bangun Sekolah Untuk Anak  Jalanan

Ilustrasi: Anak jalanan Batam dengan daun telinga berhias pipa PVC (Foto kepri.antaranews/Jo)

Tanjungpinang  (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Provinsi Kepulauan Riau akan membangun sekolah khusus bagi anak-anak jalanan di Kota Batam sebagai bentuk kemitraan dengan masyarakat.

"Pembangunan sekolah khusus bagi anak-anak jalanan sebagai implementasi dari polisi sebagai mitra masyarakat," kata Karo Bina Mitra Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Polda Kepri) Kombes Pol Ricky F Wakanno di Sungai Lekop, Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Sabtu.

Ricky mengatakan, sekolah khusus untuk menampung anak-anak jalanan di Kota Batam dan daerah lain di Kepri tersebut akan diberi nama Rumah Sekolah Bhayangkara.

"Kami tidak ingin lagi melihat anak-anak jalanan di Kota Batam dan daerah lain di Kepri berada di jalanan pada jam sekolah, mereka harus mendapatkan pendidikan seperti anak-anak lain," ujar Ricky.

Menurut dia,  Polda Kepri sedang mencari lahan untuk pembangunan sekolah yang akan dibangun dari tingkat SD sampai SLTP tersebut.

"Mudah-mudahan tahun ini bisa mulai dibangun dan kami targetkan pada 2014 tidak ada lagi anak jalanan yang berkeliaran di jalan pada jam sekolah," harapnya.

Sekolah itu menyediakan pendidikan gratis untuk mencerdaskan anak bangsa yang kurang beruntung tersebut.

 Selain untuk mendidik anak-anak jalanan, menurut dia, di sekolah tersebut juga akan diberikan pelatihan atau bimbingan kepada orang tua yang kurang mampu sehingga memiliki "skill" untuk mencari nafkah.

"Kami berharap program tersebut berjalan dan tidak ada lagi anak-anak yang tidak mengecap bangku pendidikan," ujarnya. (N002/Btm1)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE