Forum Tri Hita Karana G20 kumpulkan pembiayaan campuran 30 miliar dolar AS

id Blended finance,Perubahan iklim

Forum Tri Hita Karana  G20 kumpulkan pembiayaan campuran 30 miliar dolar AS

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam Tri Hita Karana (THK) Blended Finance Presidensi G20 Indonesia di Nusa Dua, Bali, Minggu (13/11/2022). ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah

Nusa Dua, Bali (ANTARA) - Forum Tri Hita Karana (THK) Presidensi G20 Indonesia mengumpulkan penggalangan pembiayaan campuran (blended finance) lebih dari 30 miliar dolar AS yang terdiri atas komitmen beberapa proyek dan inisiatif untuk pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Executive Lead of THK Forum 2022 dan Duta Besar Keliling untuk Kawasan Pasifik Tantowi Yahya mengatakan THK Forum akan berperan sebagai platform untuk menggalang dukungan dan merayakan komitmen, pengumuman, serta capaian dalam mendorong SDGs.

"Forum ini berorientasi pada hasil, tapi tetap membuka ruang interaksi dan diskusi dari peserta agar bisa mencari solusi untuk mendatangkan investasi dan inovasi berkualitas," katanya dalam THK Blended Finance Presidensi G20 Indonesia di Nusa Dua, Bali, Ahad.

Penggalangan dana lebih dari 30 miliar dolar AS ini akan memprioritaskan percepatan investasi untuk transisi energi berkeadilan di Indonesia serta meningkatkan pendanaan untuk pengelolaan sampah dan infrastruktur berkelanjutan.

Selain itu, dana tersebut juga akan digunakan untuk memobilisasi solusi berbasis lingkungan terutama laut, hutan dan sistem pangan regeneratif.

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ketika membuka forum ini menuturkan komitmen Indonesia terhadap SDGs terutama perubahan iklim sangat kuat.

Di sisi lain, Indonesia menghadapi tantangan untuk mempercepat pencapaian SDGs yaitu terkait pendanaan sehingga blended finance sangat penting untuk membiayai berbagai proyek iklim.

Pemerintah Indonesia saat ini sedang memfinalisasi Kemitraan Transisi Energi Berkeadilan termasuk kolaborasi untuk penghentian pembangkit tenaga batu bara lebih cepat dari rencana menuju pada energi terbarukan.

Salah satu pengumuman utama dalam forum THI adalah perjanjian inovatif antara PT PLN (Persero) dan Amazon dalam menyediakan 210 megawatt (MW) energi terbarukan bagi empat proyek panel surya di seluruh Indonesia yang berlokasi di Jawa dan Bali untuk mendukung sistem kelistrikan Jawa-Madura-Bali.






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Forum THK G20 katalisasi blended finance 30 miliar dolar AS

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE