KORMI dan Pemprov Kepri gelar festival layang-layang di Tanjungpinang

id Festival layang-layang

KORMI dan Pemprov Kepri gelar festival layang-layang di Tanjungpinang

KORMI dan Pemprov Kepri gelar festival layang-layang di Taman Gurindam 12, Kota Tanjungpinang, Minggu (11/12). ANTARA/Ogen

Tanjungpinang (ANTARA) - Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov) menggelar festival layang-layang di kawasan Taman Gurindam 12, Kota Tanjungpinang, Minggu.

Kegiatan tersebut diikuti ratusan peserta dari tujuh kabupaten/kota se-Kepri, bahkan ada sejumlah peserta dari Jakarta.

"Juga digelar bazar UMKM guna menggeliatkan ekonomi masyarakat," kata Ketua KORMI Kepri Wahyu Wahyudin di Tanjungpinang.

Menurutnya kegiatan festival layang-layang dilaksanakan dalam rangka menggairahkan kembali sektor pariwisata melalui olahraga rekreasi masyarakat setelah dua tahun terakhir vakum imbas pandemi COVID-19.

Acara ini juga selaras dengan upaya KORMI dan Pemprov Kepri dalam melestarikan permainan tradisional layang-layang di tengah-tengah masyarakat.

"Sekarang sudah cukup jarang masyarakat main layang-layang, padahal dulu sangat digemari terutama di kalangan anak-anak," ucapnya.

Wahyudin berharap kegiatan ini dapat diselenggarakan rutin tiap tahun dan masuk kalendar pariwisata Pemprov Kepri melalui Dinas Pariwisata.

Ia pun berencana melaksanakan festival layang-layang berskala internasional pada tahun 2023 dengan melibatkan peserta dari negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, hingga Thailand.

Kegiatan ini, katanya, diharapkan menjadi salah satu ajang yang dapat mendatangkan turis asing ke daerah Bumi Segantang Lada itu.

"Apalagi sekarang pintu wisatawan asing ke Kepri sudah dibuka seiring membaiknya kondisi pandemi COVID-19," ujar dia.

Sementara, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kepri Luki Zaiman Prawira mengapresiasi upaya KORMI menggelar festival layang-layang untuk menghadirkan hiburan bagi masyarakat.

Menurutnya acara yang disejalankan dengan bazar UMKM itu sangat berdampak positif bagi para pedagang mengenalkan produk-produk UMKM kepada khalayak ramai.

"Secara tak langsung tentu dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Di sisi lain masyarakat pasti terhibur dengan adanya festival layang-layang ini," ucap Luki.

Dinas Pariwisata Kepri, lanjutnya, siap mendukung penuh rencana festival layang-layang berskala internasional guna meningkatkan kunjungan turis asing.

Festival layang-layang yang digelar sejak pagi hingga sore hari itu menampilkan aneka jenis layang-layang mulai dari ukuran kecil, sedang hingga raksasa dengan motif gambar Ketua KORMI Kepri Wahyu Wahyudin sampai Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE