Pemprov Kepri: Listrik di Pulau Bintan dan Batam kembali normal

id Dinas ESDM, Kepri, Listrik, Pulau Bintan dan Batam, kembali normal

Pemprov Kepri: Listrik di Pulau Bintan dan Batam kembali normal

Petugas PLN memperbaiki jaringan listrik di sekitar Batu 7, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau. ANTARA/Nikolas Panama

Tanjungpinang (ANTARA) - Jaringan listrik di Pulau Bintan (Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan) kembali normal, kata Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Kepulauan Riau (ESDM Kepri) Muhammad Darwin.

"Sudah kembali normal tadi pagi sekitar pukul 10.00 WIB, namun belum diketahui penyebab listrik tersebut blackout. Ini menarik untuk diinvestigasi," ujar dia di Tanjungpinang, Selasa.

Jaringan listrik di Batam dan Pulau Bintan blackout pada 1 Januari 2022 sekitar pukul 04.00 WIB. Energi listrik di Pulau Bintan berasal dari pembangkit listrik yang dikelola PLN Batam.

Baca juga:
DPRD Natuna minta penjelasan DKP Kepri terkait batasan zona tangkap nelayan

Akun WhatsApp palsu catut nama Gubernur Ansar


Selama terjadi blackout, kata dia PLN Tanjungpinang mengaktifkan sejumlah pembangkit listrik dengan kapasitas terbatas untuk kebutuhan pelayanan publik.

Petugas PLN Batam melakukan penyisiran terhadap bagian yang rusak mulai dari mesin hingga jaringan, namun tidak ditemukan.

"Tambah menarik untuk ditelusuri lebih mendalam ketika PLN menyatakan beban puncak pada saat pemadaman listrik itu hanya 300 MW, sementara kapasitas energi listrik mencapai 500 MW," ucapnya.

Darwin mengemukakan energi listrik yang dipergunakan sekarang bersumber dari Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap Tanjung Uncang, Batam.

"Besok kami melakukan pertemuan dengan PLN Batam dan Komisi III DPRD Kepri membahas permasalahan itu," katanya.

Ketua Komisi III DPRD Kepri Widiastadi Nugroho mengatakan blackout saat memasuki Tahun Baru 2023 semestinya tidak terjadi karena pihak PLN Batam menyatakan siap melayani masyarakat secara maksimal.

Pemadaman listrik secara menyeluruh di Pulau Bintan dan Batam menyebabkan masyarakat kecewa.

Baca juga:
Dua pejabat di Kepri daftar bakal calon anggota DPD RI

PT PLN Batam pastikan layanan kelistrikan normal pada Selasa


"Katanya tidak ada kendala, pelayanan maksimal, tetapi ternyata blackout. Kami sudah melayangkan undangan rapat dengar pendapat dengan PLN Batam, besok," katanya.

Widiastadi menegaskan seharusnya PLN Batam menerapkan manajemen risiko dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga kendala teknis yang dihadapi tidak mengurangi pelayanan kepada masyarakat.

"Tentu tidak bijak bila pelanggan listrik dibenturkan dengan kendala teknis yang dihadapi PLN. Pelanggan tidak paham dengan urusan itu, dan seharusnya kendala teknis dapat teratasi jika perusahaan itu menerapkan manajemen risiko," tegasnya.

Baca juga:
Satu rumah di Natuna roboh akibat abrasi

Kepri peringkat kelima persentase realisasi pendapatan tahun 2022

PT PLN Batam masih butuh waktu agar pelayanan kembali normal

Pendapatan retribusi sampah Kota Batam pada 2022 meningkat


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dinas ESDM Kepri: Listrik di Pulau Bintan dan Batam kembali normal

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE