Warga pilih mudik lebih awal untuk hindari macet jelang Lebaran

id Hari Paskah ,Mudik 2023,Lebaran ,Stasiun Pasar Senen

Warga pilih mudik lebih awal untuk hindari macet jelang Lebaran

Suasana Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat ramai pemudik di Hari Paskah, Jumat (7/4/2023). (ANTARA/Siti Nurhaliza)

Jakarta (ANTARA) - Banyak warga memilih mudik lebih awal guna menghindari kemacetan jelang lebaran. Kondisi ini terlihat di Stasiun Pasar Senen di Jakarta Pusat pada Jumat yang bertepatan hari libur nasional.
 
Salah seorang pemudik dari Depok, Firman (35) di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (7/4/2023) mengatakan, dia mudik bersama istri dan anak ke Banyuwangi, Jawa Timur pada hari libur nasional ini agar terhindar dari keramaian pemudik menjelang Lebaran 2023.
 
"Satu, menghindari mudik yang lebih padat kalau dekat-dekat sama hari raya, khawatir penuh atau sesak. Kemudian dari sisi pekerjaan memang memungkinkan untuk bisa mudik lebih awal, bisa kerja dari rumah," ujar Firman.
 
Tahun ini Firman memilih naik kereta karena dinilai lebih aman dan nyaman sehingga bisa menikmati perjalanan.
 
"Karena kereta sekarang lebih nyaman, fasilitasnya juga bagus, sistem pendukungnya juga bagus," jelas Firman.
 
Demikian pula halnya dengan Atrini (23) mahasiswa dari Bandung yang memilih balik ke Jakarta lebih awal pada libur nasional.
 
"Kuliahnya online, terus liburnya ga sampai satu minggu, jadi mendingan pulang lebih awal gitu, emang dapat tiketnya di tanggal merah juga," kata Atrini.
 
Diketahui, keberangkatan masa angkutan Lebaran di Stasiun Gambir dan Pasar Senen memasuki minggu ketiga Ramadhan pada Jumat (7/4) sudah terjual sebanyak 447 ribu tiket.
 
"Dari jumlah tersebut mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit seperti H-5 s.d H1 lebaran atau 17 s.d 22 April 2023. Tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 85 hingga 97 persen," ujar Kahumas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa di Jakarta Pusat, Jumat.
 
 
 


 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Warga pilih mudik pekan ini demi hindari kemacetan jelang Lebaran

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE