Satu keluarga buta di Lebak dambakan bantuan pangan

id Lebak,buta, banten,sekeluarga buta

Satu keluarga buta di Lebak dambakan bantuan pangan

Satu keluarga yang mengalami kebutaan di Warunggunung Kabupaten Lebak terpaksa sehari hari dihabiskan waktu di rumah karena tidak bisa melakukan aktivitas kegiatan. ANTARA /Mansur

Lebak (ANTARA) -
Satu keluarga di Kabupaten Lebak, Banten yang terdiri dari ayah dan lima anaknya mengalami kebutaan pada kedua mata, mendambakan bantuan untuk memenuhi ketersediaan pangan.
 
"Semua gejala kebutaan yang menimpa suami dan lima anak saya  itu belum diketahui penyebab penyakitnya, namun diawali kepala pusing," kata Wina ( 65)  ibu dari keluarga yang terkena musibah kebutaan di Kabupaten Lebak, Ahad.
 
Menurut Wina, dirinya memiliki sembilan anak, namun lima anak mengalami kebutaan terdiri dari Rohimi (50), Hindun (40), Maesaroh (35), Junaedi (34) dan Kokom (27), termasuk suaminya Rohimi (70).
 
Sedangkan, kata dia, tiga anaknya yang lain Maryati (45) Jajuli (38) dan Siti (30) tidak mengalami kebutaan.
 
Saat ini, kelima anaknya itu juga sudah membangun rumah tangga masing-masing. Dengan kondisi saat ini mereka tidak bisa bekerja.
 
"Kami tentu kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga, karena pendapatan usaha buruh di kebun tidak menentu. Namun, beruntung terbantu untuk ketersediaan pangan melalui program keluarga harapan (PKH) yang digulirkan pemerintah," kata Wina.
 
Wina mengatakan awalnya gejala kebutaan itu menimpa pada suaminya Rusmani tahun 2010, kemudian tahun 2011 anak pertama Rohimi.
 
Selanjutnya, Hindun dan Maesaroh 2014 dan 2015, juga Kokom 2018 dan terakhir Junaedi tahun 2020.
 
Kemungkinan besar penyakit kebutaan yang menimpa suami dan lima anaknya itu permanen dan tidak bisa diobati, karena sudah menjalani pengobatan di RSUD Adjidarmo Rangkasbitung, namun tidak ada perubahan.
Bahkan, Hindun menjalani operasi mata di RSCM Jakarta.
 
"Kami kini pasrah dengan kondisi seperti itu dan setiap hari kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pangan, bahkan terkadang makan nasi dengan daun melinjo dan daun singkong sebagai lauk pauknya," kata dia.
 
 
 

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Satu keluarga di Lebak alami kebutaan dambakan bantuan pangan 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE