Pemkot Batam tingkatkan minat baca anak sejak dini

id Kepri,batam ,minat baca,indeks literasi,kepulauan riau

Pemkot Batam tingkatkan minat baca anak sejak dini

Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid saat membuka kegiatan Bunda Bertutur upaya meningkatkan minat baca anak sejak dini (ANTARA/HO-Pemkot Batam)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam di Provinsi Kepulauan Riau berupaya meningkatkan minat membaca pada anak sejak usia dini melalui kegiatan Bunda Bertutur.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Batam Samudin dalam keterangan di Batam, Jumat mengatakan kegiatan Bunda Bertutur, dinilai penting membiasakan anak-anak untuk membaca.

"Indeks literasi di Kota masyarakat Batam baik dengan nilai 82,13 persen. Namun ini harus ditingkatkan lagi agar pada tahun depan memperoleh kategori sangat baik. Alhamdulillah mobil Perpustakaan keliling cukup diminati oleh masyarakat," kata Samudin.

Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid menyebutkan membaca merupakan hal yang sangat penting, terutama pada tahun 2045 Indonesia genap berusia 100 tahun dan saat itu Indonesia masuk kategori negara maju.

Baca juga:
Realisasi penerimaan pajak Batam sampai November capai Rp1 triliun

Kodam I/Bukit Barisan optimalkan kembali RSKI Pulau Galang kota Batam


Menurutnya, untuk menyambut itu maka harus disiapkan generasi emas yang mampu bersaing dan siap menyongsong Indonesia Emas 2045.

"Dengan membaca bisa menguasai ilmu dan dunia. Membaca ini penting sekali, ada sebuah teori pendidikan jika anda ingin mendidik dan menguasai dunia maka gunakanlah waktumu 4 jam dari 24 jam itu untuk membaca," ujar Jefridin.

Dengan begitu, ia mengajak agar masyarakat Kota Batam membaca buku yang bermanfaat, terutama bagi para pelajar.

"Melalui kegiatan ini mari kita mengajak atau membawa anak kita untuk gemar membaca. Mudah-mudahan empat jam dari waktu 24 jam ini bisa Kita gunakan untuk membaca. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua," ujar dia.

Baca juga:
Polda Kepri dan PLN Batam tanda tangani pedoman kerja sama pengamanan objek vital

Layanan kontak BI Bicara catat 8.600 interaksi per bulan

Pemkot Batam menyetujui 14 kegiatan pemanfaatan ruang

DPRD setujui APBD Kota Batam 2024 sebesar Rp3,5 triliun

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE