Pemkot Batam wujudkan dokumen perencanaan berkualitas pelaksanaan pembangunan

id Kepri,batam ,dokumen perencanaan ,pembangunan

Pemkot Batam wujudkan dokumen perencanaan berkualitas pelaksanaan pembangunan

Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid membuka acara Bimbingan Teknis Penyusunan Dokumen Perencanaan Tahunan Berbasis Pemanfaatan Data Tahun 2023 (ANTARA/HO-Pemkot Batam)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, berupaya mewujudkan dokumen perencanaan yang berkualitas sehingga dalam pelaksanaan pembangunan dapat terarah dan tepat sasaran.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, Pengembangan, Pembangunan Daerah (Bapelitbang) Batam Dalina Nopilawati di Batam, Senin, mengatakan untuk mewujudkan perencanaan yang berkualitas harus ada konsistensi dalam substansi dokumen perencanaan pembangunan daerah dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD).

"Koordinator-koordinator perencana di satuan kerja perangkat daerah (SKPD) diharapkan memiliki sinergitas dan pemahaman yang andal terkait penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah Kota Batam yang berkualitas dan berkesinambungan antardokumen perencanaan," ujar Dalina pada Bimbingan Teknis Penyusunan Dokumen Perencanaan Tahunan Berbasis Pemanfaatan Data Tahun 2023.

Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid menyampaikan bahwa perencanaan yang dilakukan dimulai dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Sedangkan untuk perencanaan perangkat daerah dimulai dari rencana strategi hingga rencana kerja perangkat daerah.

Untuk itu, kata Jefridin, lingkup kegiatan bimtek penyusunan dokumen perencanaan tahunan berbasis pemanfaatan data yang dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas koordinator perencana dokumen perencanaan di lingkungan Pemkot Batam.

"Perencanaan itu sangat penting, dan yang bertanggung jawab membuat perencanaan itu adalah kita. Untuk itu saya minta ikuti kegiatan ini dengan baik hingga selesai, manfaatkan bimtek ini dengan sebaik-baiknya, sehingga Batam madani modern sejahtera untuk menyongsong Indonesia maju pada tahun 2025 dapat terwujud," kata dia.

Menurut Jefridin, setelah mengikuti bimtek ini diharapkan dapat mewujudkan persamaan persepsi dan pola pikir untuk menentukan strategi yang paling efektif di dalam proses penyusunan perencanaan pembangunan daerah.

Baca juga:
Dua pesilat PPLP Kepri raih emas dan perunggu di Kejurnas Silat 2023

Pemkab Natuna adakan sosialisasi bahaya narkotika ke pelajar

Hasil rapat KPU dan OPD Batam sepakat tak ada penggusuran saat kampanye

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE