Basarnas Natuna siagakan personel untuk pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

id Siaga Natal 2023 dan Tahun Baru 2024,basarnas,kepri,natuna,nataru,pengamanan libur,tim sar

Basarnas Natuna siagakan personel untuk pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Apel Kesiapsiagaan SAR Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Kantor Basarnas Natuna di Jalan Adam Malik, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Senin (18/12/2023). ANTARA/Muhamad Nurman.

Natuna (ANTARA) - Basarnas Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, menyiagakan personel di kawasan objek wisata, pelabuhan, bandara dan posko gabungan guna memberikan kenyamanan bagi masyarakat menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kepala Kantor Basarnas Natuna Abdul Rahman di Natuna, Senin mengatakan para personel disiagakan selama 20 hari mulai 18 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024 di dua kabupaten yakni di Kabupaten Natuna dan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Sebelum melakukan siaga SAR, kata dia, pihaknya bersama Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Natuna dan Saka SAR Pramuka Kabupaten Natuna menggelar apel Kesiapsiagaan SAR Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, di Kantor Basarnas Natuna di Jalan Adam Malik, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Senin (18/12).

"Tujuan dari apel adalah untuk menyamakan persepsi dalam pengamanan. Kita siagakan dua hingga tiga orang di setiap titik,"ucap dia.

Selain personel, kata Rahman, pihaknya juga menyiagakan sejumlah sarana transportasi, baik kendaraan di darat maupun di air, yang dipastikan dalam kondisi baik dan siap dimobilisasikan.

"Kita siagakan KN (kapal negara) SAR245, tiga unit RIB, baik di Natuna maupun di Anambas, dan sejumlah truk personel dan kendaraan lain serta juga didukung alat utama dari Dinas Damkar," kata dia.

Dia mengingatkan tim yang bertugas untuk selalu menjaga kesehatan dan keamanan diri agar pelayanan kesiapsiagaan berjalan dengan lancar.

Ia berharap pelaksanaan pengamanan dan seluruh aktifitas selama libur Natal dan Tahun Baru berjalan baik dan aman.

"Perlu ditekankan agar seluruh personel nantinya harus fokus pada kemungkinan penanganan kecelakaan sesuai tugas pokok dan fungsi Basarnas. Tidak hanya itu, kita juga tetap mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana yang mengancam keselamatan jiwa manusia," ucapnya.

Baca juga:
Muhammed Amin pernah ke Aceh sebelum jadi tersangka penyeludupan Rohingya


Bappenas: Proyeksi nilai tambah ekonomi biru capai 30 Triliun dolar AS pada 2030

Gibran ke IKN ikuti perjalanan safari politik Ganjar, begini tanggapannya

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE