Timnas Indonesia hadapi Irak di Piala Asia 2023, hari ini

id timnas piala asia 2023

Timnas Indonesia hadapi Irak di Piala Asia 2023, hari ini

Sejumlah pesepak bola Timnas Indonesia melakukan latihan di Stadion Al Egla 4, Lusail, Qatar, Sabtu (13/1/2024). ANTARA FOTO/Yusran Uccang/nym. (ANTARA FOTO/YUSRAN UCCANG)

Jakarta (ANTARA) - Timnas Indonesia akan menjalani laga perdananya di ajang Piala Asia melawan Irak pada hari Senin pukul 21.30 WIB.

Indonesia berada di Grup D bersama dengan Irak, Vietnam, dan Jepang. Meski berada pada grup dengan lawan yang tidak mudah, Timnas Indonesia diyakini masih memiliki peluang untuk lolos fase grup.

Pertandingan pertama Piala Asia 2023 melawan Irak adalah pertemuan kedua Timnas Indonesia melawan negara Timur Tengah tersebut setelah sebelumnya kalah 1-5 pada Kualifikasi Piala Dunia yang digelar November 2023. Namun kali ini skuad Indonesia datang ke Qatar dengan penuh keyakinan dan bekal, tidak seperti pada laga sebelumnya.

Sementara itu, Timnas Indonesia terus mematangkan persiapan pada satu hari menjelang pertemuan menghadapi Irak dengan mengasah faktor kekompakan tim pada sesi latihan di Lapangan Al Egla 2, Lusail, Ahad.

Hal tersebut diungkapkan kiper timnas Ernando Sutaryadi sesaat sebelum memulai latihan yang dipimpin langsung oleh coach Shin Tae-yong pada pukul 17.00 waktu Qatar.

Baca juga: Piala Asia, Iran menang 4-1 dari Palestina


"Persiapannya seperti biasa ya, lebih ke kekompakan tim dan juga mengasah taktikal untuk melawan Irak besok," kata pemain yang akrab disapa Nando itu.

Ernando memaparkan bahwa kekompakan tim akan berperan penting ketika menghadapi lawan yang agresif seperti Irak. Apalagi jika berkaca pada hasil minor dari pertemuan kontra Irak pada kualifikasi Piala Dunia, November 2023, ia merasakan betul bahwa kerja sama tim yang bagus berpengaruh pada hasil akhir.

"(kekalahan) itu bukan kesalahan untuk tim. Makanya kami mengasah kekompakan juga. Jadi misal ada bola-bola yang sulit dari lawan bisa cepat diblok atau ditutup oleh rekan. Kami bisa mengatasi kesalahan satu sama lain," paparnya.

Enggan mengulangi hasil serupa seperti dua bulan silam, Ernando dan kawan-kawan menyetel kewaspadaan tinggi agar tak mengulangi kesalahan serupa.

Ia dan pemain lainnya mendapat arahan agar tetap fokus setiap menitnya, karena Irak adalah tim yang sudah matang dan kekompakan mereka tak perlu dipertanyakan.

 "Kami harus fokus besok, karena semua aspek dari Irak harus diwaspadai," ujarnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jadwal Senin: Timnas Indonesia hadapi Irak di Piala Asia 2023

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE