Kelurahan Sedanau di Natuna Kepri resmi jadi kampung nelayan maju

id Kalaju,Sedanau,Natuna,KKP,kampung,kepri, kampung nelayan maju,Kementerian Kelautan dan Perikanan

Kelurahan Sedanau di Natuna Kepri resmi jadi kampung nelayan maju

Penandatangan prasasti oleh Bupati Natuna Wan Siswandi pada Rabu (28/8/2024). ANTARA/HO-Pemkab Natuna

Natuna (ANTARA) - Kelurahan Sedanau di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau secara resmi ditetapkan sebagai kampung nelayan maju (Kalaju) oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI.

Peresmian dilakukan pada Rabu, ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Natuna Wan Siswandi di Kelurahan Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat, Rabu.

Penetapan itu bertujuan untuk menciptakan kampung nelayan yang bersih, maju, sehat dan nyaman agar kualitas hidup nelayan dan keluarganya meningkat.

"Peresmian disejalankan dengan penyerahan berbagai bantuan di Sedanau," ucap dia.

Menurut dia, pada program Kalaju ini KKP juga membangun beberapa fasilitas antara lain gerbang kampung nelayan, tambatan perahu sepanjang 249 meter, pengadaan lampu jalan, perbaikan jalan, dan perbaikan MCK.

"Kesejahteraan masyarakat nelayan harus ditunjang dengan fasilitas yang memandai dan lingkungan yang nyaman," ujar dia.

Ia berharap masyarakat bisa menjaga dengan baik fasilitas yang telah diberikan dan membantu pemerintah dalam mewujudkan peningkatan tarah hidup dan kesehatan bangsa.

"Peresmian kampung nelayan maju adalah bentuk aktualisasi dari kehidupan masyarakat nelayan sebagai identitas dengan menciptakan lingkungan yang bersih, rapi, nyaman dan tentunya sejahtera," ucap dia.

Sebelumnya KKP menetapkan wilayah Air Batu, Kelurahan Sedanau, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau sebagai Kalaju.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Natuna Hadi Suryanto melalui sambungan telepon dari Natuna mengatakan Kalaju merupakan program KKP.

Dalam program ini KKP menggunakan APBN untuk membangun dan memperbaiki bangunan di daerah yang sudah ditetapkan sebagai Kalaju.

Baca juga:
Rudi-Rafiq diusung tiga partai daftar pilkada ke KPU Kepri

Dishub Batam menargetkan pendapatan Rp1,1 miliar untuk parkir langganan

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE