BMKG ingatkan potensi hujan disertai kilat dan gelombang laut sedang di Kepri

id Cauca jumat, prakiraan cuaca kepri, kepulauan riau, bmkg batam, kota batam

BMKG ingatkan potensi hujan disertai kilat dan gelombang laut sedang di Kepri

Warna menunggu kapal di pelabuhan rakyat Pulai Kasu, Kota Batam, Kepulauan Riau. (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Batam (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Hang Nadim Batam mengingatkan adanya potensi hujan dengan intensitas sedang disertai kilat/petir dan angin kencang, serta adanya gelombang laut dengan ketinggian mencapai 2 meter di Kepulauan Riau, pada Jumat pagi.
 
Prakirawan Noah Ginting mengatakan hujan dengan intensitas sedang disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Anambas dan siang harinya di wilayah Kota Batam. Sedangkan gelombang laut sedang berpotensi terjadi perairan Kabupaten Natuna.
 
"Waspada gelombang laut yang dapat mencapai ketinggian 2,0 meter di wilayah Perairan Natuna," katanya.
 
Berdasarkan prakiraan BMKG, gelombang laut di perairan Natuna dengan ketinggian sedang (1,25-2,50 m), untuk wilayah lainnya kategori rendah (0,5-1,25 m).
 
Adapun kondisi cuaca wilayah Kepri hari ini dipengaruhi oleh nilai labilitas atmosfer yang cukup kuat dan didukung oleh nilai kelembapan udara lapisan atas relatif tinggi di sekitar wilayah tersebut mendukung potensi pertumbuhan awan-awan hujan. 
 
"Secara umum kondisi cuaca hari ini di wilayah Kepulauan Riau diprakirakan berawan dan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada pagi dan siang hari," kata Noa.
 
Berikut perkiraan cuaca di 7 kota/kabupaten wilayah Kepri.
 
Kota Batam paginya berawan, siang harinya diperkirakan hujan disertai kilat, malam hari berawan, dini hari berawan tebal.
 
Untuk suhu udara yang mempengaruhi berkisar antara 25-32 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 5-15 km/jam.
 
Kota Tanjungpinang paginya diperkirakan berawan tebal, siangnya hujan ringan, malam harinya berawan, dini hari berawan tebal.
 
Suhu udaranya berkisar antara 25-32 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 8-18 km/jam.
 
Hampir sama dengan Tanjungpinang, Kabupaten Bintan paginya diperkirakan berawan, siangnya berpotensi hujan dengan intensitas ringan, malamnya berawan, dini harinya berawan tebal. Suhu udara 25-32 derajat celcius, dan arah angin dari Selatan dengan kecepatan 7-17 km/jam.
 
Di Kabupaten Karimun paginya berawan tebal, siang harinya diperkirakan hujan ringan, malam harinya berawan, dini hari berawan tebal. Suhu udara berkisar antara 25-30 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 6-14 km/jam.
 
Selanjutnya, Kabupaten Lingga pagi dan siang harinya kondisi cuaca berudara kabur, malam berawan, dini harinya hujan ringan. Suhu udara berkisar antara 24-30 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 7-20 km/jam.
 
Lalu di Kabupaten Natuna paginya diperkirakan berawan tebal, siang hari hujan dengan intensitas sedang, malam dan dini harinya berawan. Suhu udara mempengaruhi 26-32 derajat celcius, angin bertiup dari Barat Daya dengan kecepatan 16-24 km/jam.
 
Kabupaten Anambas pagi hari diperkirakan hujan disertai petir, siangnya udara kabur, malam harinya berawan dan dini hari berawan tebal. Suhu udara berkisar antara 25-31 derajat celcius, arah angin Selatan dengan kecepatan 19-25 km/jam.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE