BMKG: Waspada potensi hujan disertai kilat dan angin

id Prakiraan cuaca kepri, prakiraan cuacai minggu, cuaca kepri, kepulauan riau, bmkg

BMKG: Waspada potensi hujan disertai kilat dan angin

Awan mendung menyelimuti wilayah Pelabuhan Penunpang Bintang 99, Kota Batam, Kepulauan Riau, Kamis (10/10/2024). (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Batam (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam mengimbau masyarakat wilayah Kepulauan Riau (Kepri) untuk waspada potensi hujan disertai kilat dan angin kencang yang terjadi hari Minggu.
 
"Waspada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pagi hingga siang hari di wilayah Kota Tanjung Pinang, Kabupaten Bintan, Kabupaten Lingga, Kabupaten Anambas dan Kabupaten Natuna," kata Prakirawan Nizam Mawardi.
 
Dia menjelaskan adanya pola angin siklonik di sekitar wilayah perairan barat Pulau Kalimantan menyebabkan konvergensi massa udara di wilayah tersebut sehingga menambah potensi pertumbuhan awan-awan hujan. 
 
Secara umum, kata dia, kondisi cuaca hari ini di wilayah Kepulauan Riau diprakirakan berawan dan masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada pagi, siang hingga dini hari.
 
Berikut prakiraan cuaca di 7 kota/kabupaten wilayah Kepri.
 
Kondisi cuaca di Kota Batam diprakirakan pagi hari berawan, siangnya hujan ringan, malam dan dini hari berawan. Suhu udara berkisar antara 25-31 derajat celcius dan arah angin datang dari Barat Daya dengan kecepatan 5-11 Km/jam.
 
Selanjutnya Kota Tanjungpinang diprakirakan paginya hujan ringan, siangnya hujan disertai kilat/petir, malam dan dini hari berawan. Suhu udara yang mempengaruhi berkisar antara 24-31 derajat celcius dan arah mata angin datang dari Barat Daya dengan kecepatan 2
6-18 Km/jam.
 
Kemudian Kabupaten Bintan tak jauh berbeda dengan Tanjungpinang, paginya hujan ringan, siangnya hujan disertai kilat/petir, malam dan dini hari berawan. Suhu udara berkisar antara 24-31 derajat celcius dengan arah angin datang dari Barat Daya berkecepatan 5-11 Km/jam.
 
Lalu Kabupaten Karimun paginya hujan ringan, siang berawan tebal, malam dan dini hari berawan. Suhu udara berkisar antara 25-31 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 4-16 Km/jam.
 
Kabupaten Lingga paginya hujan disertai kilat, siang hari diprakirakan hujan ringan, malamnya berawan, dini hari hujan ringan. Suhu udara berkisar antara 24-29 derajat celcius. Arah angin dari Selatan dengan kecepatan 1-13 km/jam.
 
Berikutnya Kabupaten Natuna paginya berawan, siang hujan lebat, malam dan dini hari berawan. Suhu udara diperkirakan 25-32 derajat celcius, dengan arah angin dari Barat kecepatan 3-11 Km/jam.
 
Kabupaten Anambas pagi, siang, hingga malam diprakirakan hujan ringan, dini hari hujan disertai kilat. Suhu udara berkisar antara 25-32 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Barat Daya dengan kecepatan 5-20 km/jam.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE