Peringati Hari Ibu, GOW Natuna laksanakan bakti sosial

id Natuna, Raja Peni, Dr Rika Azmi, Bunguran Selatan, hari ibu, bakti sosial, P3AP2KB Natuna, dinas sosial,GOW Natuna

Peringati Hari Ibu, GOW Natuna laksanakan bakti sosial

Foto bersama dalam rangka memperingati Hari Ibu ke 92 Tahun 2020, Gabungan Organisasi Wanita ( GOW ) Kabupaten Natuna melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan, diantaranya kegiatan Bakti Sosial di Kecamatan Bunguran Selatan, Natuna, Minggu (13/12). (Antara Kepri/ Cherman)

Natuna (ANTARA) - Dalam rangka memperingati Hari Ibu ke 92 Tahun 2020, Gabungan Organisasi Wanita ( GOW ) Kabupaten Natuna melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan, diantaranya kegiatan Bakti Sosial di Kecamatan Bunguran Selatan, Natuna, Minggu.

"Ada beberapa kegiatan yang kita lakukan, diantaranya pelatihan keterampilan membuat bunga dan tanaman dari kantong plastik bekas ( recycle produk ) bagi ibu-ibu kader TP PKK Desa Se-Kecamatan Bunguran Selatan", kata Ketua GOW Kabupaten Natuna, Hj. Raja Peni Adriani.

Ia juga mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan pelatihan keterampilan tersebut yakni membekali kaum perempuan dengan kepandaian memanfaatkan barang bekas untuk dijadikan barang yang bernilai ekonomis.

"Hal itu bisa membantu perekonomian keluarga, dari barang - barang yang ada disekitar kita, memanfaatkan limbah sampah plastik, seperti kantong kresek bekas kita belanja, dan itu tidak memerlukan modal besar", kata Raja Peni.

Selain kegiatan tersebut, juga dilakukan kegiatan kunjungan ke rumah lansia dengan membagikan bingkisan kepada lansia dan pembagian masker kepada masyarakat Bunguran Selatan.

Raja Peni memastikan kegiatan berjalan sesuai protokol kesehatan dengan tetap mencuci tangan, menjaga jarak, serta memakai masker.

"Peserta yang hadir mengikuti kegiatan pelatihan pun dibatasi", ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan Bakti Sosial GOW turun ke desa atau kecamatan merupakan program kerja rutin pada setiap hari besar seperti hari ibu tahun ini.

"Adapun paket makanan bagi lansia dan masker merupakan sumbangan dari 18 organisasi wanita yang tergabung dalam GOW Kabupaten Natuna, dengan jumlah total 55 paket. Kecamatan Bunguran Selatan sejumlah 40 paket, sisanya untuk wilayah Kecamatan Bunguran timur", jelasnya.

Karena itu, Raja Peni mengucapkan terima kasih kepada organisasi-organisasi wanita yang tergabung dalam GOW atas partisipasinya.

"Agenda kegiatan GOW Natuna dalam rangka memperingati hari ibu, masih akan dilakukan kegiatan pelatihan manajemen bagi organisasi perempuan pada tanggal 19 Desember nanti", ujar Raja Peni.

Menanggapi hal tersebut, Kepala dinas P3AP2KB Kabupaten Natuna, Dr. Rika Azmi menyampaikan ada beberapa isu prioritas yang menjadi fokus pembangunan PPPA berdasarkan arahan Presiden.

"Pertama, peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan. Kedua, peningkatan peran ibu dalam pendidikan anak. Ketiga, penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak. Keempat, penurunan pekerja anak. Kelima, pencegahan perkawinan anak", kata Dr Rika Azmi.

Masih menurut Rika Azmi, apa yang telah dilaksanakan GOW Natuna patut diapresiasi karena kegiatan pelatihan keterampilan yang dilaksanakan memenuhi isu yang pertama, membekali perempuan dengan keterampilan sebagai kegiatan kewirausahaan.

Sementara itu, Camat Bunguran Selatan, Faisal menyampaiakan ucapan terima kasih kepada GOW Natuna atas dipilihnya Kecamatan Bunguran Selatan sebagai tempat GOW melaksanakan bakti sosial pada tahun ini.

Kegiatan terpusat di Aula Kantor Camat Bunguran Selatan yang dihadir Camat Bunguran Selatan, kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Natuna, ketua organisasi wanita, Ketua TP PKK Kecamatan Bunguran Selatan, pengurus GOW Natuna dan peserta dari desa Se - Kecamatan Bunguran Selatan.

Untuk di ketahui, sehari sebelumnya pada tanggal 12 Desember 2020 juga telah dilaksanakan kegiatan senam bersama di Gedung Daerah Kabupaten Natuna yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Natuna, Hj. Ngesti Yuni Suprapti dan dihadiri pula oleh utusan organisasi perempuan dan OPD.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE