Biden kembali ke pakta Paris, langkah pertama untuk aksi iklim AS

id joe biden,pakta paris,perubahan iklim ,pengurangan emisi AS,perjanjian paris

Biden kembali ke pakta Paris, langkah pertama untuk aksi iklim AS

Dokumentasi: Pemuda dan aktivis lingkungan Prancis memblokir sebuah jembatan saat berdemonstrasi di Paris, Prancis, Jumat (28/6/2019) untuk mendesak para pemimpin dunia agar bertindak menangani perubahan iklim. ANTARA/REUTERS/Charles Platiau/aa. (REUTERS/CHARLES PLATIAU)

Washington (ANTARA) - Ketika Joe Biden memimpin Amerika Serikat kembali ke Perjanjian Paris tentang perubahan iklim, setelah menjabat pada  Rabu (20/1), para diplomat dan kelompok hijau menghela nafas lega - sebelum mendesaknya untuk meningkatkan pengurangan emisi AS.

Segera setelah pelantikannya, Biden menandatangani tindakan eksekutif, antara lain, mulai bergabung kembali dengan pakta iklim 2015, membalikkan keputusan skeptis perubahan iklim Donald Trump.

Proses untuk memasukkan kembali kesepakatan internasional membutuhkan waktu satu bulan, yang berarti Amerika Serikat hanya akan secara resmi keluar dari kesepakatan untuk waktu yang singkat, sejak keluar pada November.

Tetapi permusuhan Trump terhadap proses iklim PBB dan dukungannya untuk mencemari bahan bakar fosil telah membuat tim Biden banyak mengejar ketertinggalan di dalam dan luar negeri, kata analis kebijakan.

"Bergabung kembali dengan Perjanjian Paris benar-benar merupakan dasar, untuk pemerintahan  Biden tentang iklim," kata Jennifer Morgan, CEO Greenpeace International.

Jika pemerintah AS kemudian bergerak untuk membantu menghidupkan lebih banyak ambisi global untuk mengekang kenaikan suhu, itu harus dilakukan dengan semangat "kemitraan dan kerendahan hati, dan memberi tahu semua orang apa yang harus mereka lakukan, ujar Morgan.

Rachel Cleetus, direktur kebijakan iklim dan energi untuk Union of Concerned Scientists (UCS), mengatakan akan ada sejumlah peluang pada 2021 bagi Biden untuk membantu memajukan "agenda iklim progresif" di panggung dunia.

Itu termasuk KTT para pemimpin G7 dan G20, dan pembicaraan iklim PBB pada November.

Biden dan utusan iklim internasionalnya John Kerry juga harus mengadakan pertemuan dengan para penghasil emisi besar lainnya - seperti yang telah diindikasikan oleh Biden akan dilakukannya - "untuk memperkuat cara-cara secara kolektif menangani krisis iklim secara langsung," katanya dalam sebuah pernyataan.

Mantan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki-moon, yang memimpin badan dunia itu ketika kesepakatan Paris diadopsi, mengatakan dia "senang" Biden telah berkomitmen untuk membawa negaranya kembali ke dalam "pakta perdamaian dengan planet ini".

Masuknya kembali AS akan "membantu memobilisasi dan membangkitkan kembali" kemauan politik di antara para pemimpin global, bisnis dan masyarakat sipil untuk melaksanakan kesepakatan lebih cepat, tambahnya.

Target 2030

Satu tugas utama bagi Washington, setelah kembali memasuki kesepakatan iklim Paris, adalah menetapkan target pengurangan emisi AS untuk tahun 2030 dan menghasilkan rencana aksi iklim nasional yang lebih kuat.

Penandatangan perjanjian Paris dimaksudkan untuk menyerahkan rencana terbaru untuk mengurangi emisi dan beradaptasi dengan cuaca ekstrem yang memburuk dan naiknya air laut pada akhir tahun 2020 - tetapi karena penundaan yang disebabkan oleh pandemi, hanya sekitar 70 orang yang melakukannya.

Sisa dari rencana diharapkan akan disampaikan pada saat konferensi iklim COP26 PBB yang ditunda, yang akan diselenggarakan oleh Inggris pada bulan November.

Kabar baik untuk Biden adalah bahwa dukungan untuk aksi iklim tumbuh di antara para pemilih AS.

Sebuah survei bulan Desember terhadap hampir 950 pemilih terdaftar di seluruh gambaran politik menemukan 75 persen mendukung partisipasi AS dalam kesepakatan Paris.

Selain itu, 64 persen mengatakan Amerika Serikat harus mengurangi emisi pemanasan planet terlepas dari apa yang dilakukan negara lain, Pusat Komunikasi Perubahan Iklim Universitas George Mason menemukan.

Pekan lalu, para peneliti dan analis Rhodium Group mengatakan emisi gas rumah kaca AS turun 10,3 persen pada tahun 2020, penurunan terbesar dalam era pasca-Perang Dunia II, karena virus corona melumpuhkan ekonomi.

Tetapi ia memperingatkan penurunan itu bukan indikasi yang jelas bahwa Amerika Serikat dapat memenuhi janjinya yang lebih ambisius di bawah Perjanjian Paris, untuk memangkas emisi 28 persen di bawah level 2005 pada 2025.

Biden mengatakan dia berencana untuk mengatur AS pada jalur menuju emisi nol-bersih pada tahun 2050, sesuatu yang kini dijanjikan oleh banyak negara ekonomi utama untuk dilakukan.

Sumber : Reuters
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE