Pesan Presiden: Dengan semangat Budi Utomo, bangkit-menang lawan COVID-19

id Presiden Jokowi,Harkitnas,Budi Utomo,jookowi covid

Pesan Presiden: Dengan semangat Budi Utomo, bangkit-menang lawan COVID-19

Arsip-Presiden Joko Widodo (kanan) saat peluncuran vaksin gotong royong. (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada masyarakat untuk bersatu, bergotong royong dan bangkit mencapai kemenangan menghadapi pandemi COVID-19.

“Hari ini dengan semangat Budi Utomo, kita bersatu dan bergotong royong untuk bangkit dan menang melawan pandemi, dan bersama-sama melangkah menuju Indonesia maju,” kata Presiden Jokowi melalui unggahan di akun Instagramnya yang terverifikasi @jokowi, untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2021, dipantau di Jakarta, Kamis.

Presiden Jokowi mengatakan masyarakat Indonesia telah berjuang lebih dari satu tahun penuh untuk membendung segala dampak dari pandemi COVID-19.

“Lebih setahun dunia dicengkeram pandemi global COVID-19, lebih setahun pula Indonesia berjuang untuk membendung segala dampaknya,” ujarnya.

Adapun Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) diperingati dengan mengacu pada hari berdirinya organisasi Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908. Organisasi ini didirikan oleh Dr. Soetomo dan bergerak di bidang sosial ekonomi dan kebudayaan.

Budi Utomo juga menjadi pelopor perjuangan kemerdekaan dengan memanfaatkan kekuatan pemikiran. Organisasi ini juga mendorong terbentuknya beberapa organisasi perjuangan lainnya.

Selang 20 tahun kemudian atau pada 1948, Presiden Pertama RI, Soekarno menetapkan Hari Kebangkitan Nasional pada tanggal berdirinya organisasi Budi Utomo. Penetapan itu dilakukan di Istana Kepresidenan Yogyakarta. Kebijakan tersebut kemudian diperkuat oleh Presiden Soeharto dengan penerbitan Keputusan Presiden 1/1985 tentang Penyelenggaraan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE