Gubernur DKI Jakarta dorong Forum Pemred munculkan objektivitas dan independensi media

id Forum pemred, anies baswedan, independensi media

Gubernur DKI Jakarta dorong Forum Pemred munculkan objektivitas dan independensi media

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam acara Temu Tokoh Nasional yang diselenggarakan oleh Forum Pemred pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-10 Forum Pemred di Hotel Raffles, Jakarta, Jumat (5/8/2022). ANTARA/Putu Indah Savitri

Ini dibutuhkan. Beda dengan subjektivitas. Subjektivitas membawa data juga tapi dia adalah pandangan parsial, sementara objektivitas pandangan komprehensif
Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendorong Forum Pemred agar bisa memunculkan sisi objektivitas di semua media sekaligus dibarengi dengan independensi.

"Ini dibutuhkan. Beda dengan subjektivitas. Subjektivitas membawa data juga tapi dia adalah pandangan parsial, sementara objektivitas pandangan komprehensif," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada acara Forum Pemred di Jakarta, Jumat.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut menilai belakangan yang sering hilang adalah objektivitas di media massa. Padahal, objektivitas memberikan ruang yang setara.

"Kalau kita ingin membangun kepercayaan, maka kita membutuhkan objektivitas," ujarnya.

Menurut dia, membangun objektivitas sangat penting dalam upaya menjaga persatuan bangsa Indonesia. Seiring dengan itu, persatuan juga harus dijaga dengan rasa keadilan.

Sebab, akan sulit membangun persatuan dalam ketimpangan, demikian juga sulit membangun persatuan dalam kondisi ketidaksetaraan.

Apabila media menjadi wahana kesetaraan gagasan dan kesetaraan kesempatan, maka diyakini perasaan kebersamaan anak bangsa akan muncul, jelas dia.

"Dengan begitu kita bisa meraih tujuan bersama-sama," ujarnya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Anies Baswedan dorong Forum Pemred munculkan objektivitas di media

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE