IDAI sebut ASI adalah imunisasi pertama bayi

id pemberian ASI,ASI eksklusif,fasilitas ibu menyusui

IDAI sebut ASI adalah imunisasi pertama bayi

Seorang ibu menyusui memanfaatkan ruang laktasi yang tersedia di Teras Malioboro 2, Kota Yogyakarta, Kamis (9/6/2022). (ANTARA/Eka AR)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Satuan Tugas ASI Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Dr. dr. Naomi Esthernita F. Dewanto mengingatkan pentingnya peran air susu ibu (ASI) sebagai imunisasi pertama bagi bayi.

"ASI itu merupakan imunisasi pertama untuk bayi, untuk menghindari penyakit dan mencegah kematian," katanya dalam seminar yang diikuti dari Jakarta, Sabtu.

ASI mengandung immunoglobulin (antibodi) yang memperkuat sistem imun lokal saluran cerna serta komponen lain yang mempunyai efek perlindungan seperti laktoferin yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri dan lisozim yang dapat menghancurkan dinding sel bakteri yang terdapat pada selaput lendir saluran cerna. 

Keberadaan zat-zat bioaktif dalam ASI mendukung ketahanan tubuh bayi, yang ketika baru lahir imunnya masih rendah.

"Immunoglobulin yang akan keluar lewat ASI itu akan sampai ke bayi. Jadi immunoglobulin juga merupakan imunisasi, pertahanan tubuh bayi," kata Naomi.

Dalam kesempatan itu, dia juga menyoroti penurunan angka pemberian ASI eksklusif selama enam bulan kepada bayi.

Ia mengatakan terdapat beberapa hal penyebab penurunan pemberian ASI ekslusif, yaitu kampanye penjualan susu pengganti ASI, dukungan keluarga dan komunitas yang kurang, serta keterbatasan fasilitas menyusui di tempat kerja maupun tempat umum.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: IDAI: ASI merupakan imunisasi pertama bagi bayi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE