Pemprov Kepri peningkatan fasilitas pelabuhan roro pulau terluar

id Pemprov kepri usulkan pembangunan pelabuhan roro

Pemprov Kepri peningkatan fasilitas pelabuhan roro pulau terluar

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengendarai sepeda motor saat berkunjung ke Kabupaten Natuna, Selasa (7/5/2024). (Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) mengusulkan peningkatan infrastruktur fasilitas pelabuhan kapal roro di Kabupaten Natuna Dan Anambas guna meningkatkan pelayanan sektor perhubungan bagi masyarakat pengguna transportasi laut di pulau terluar tersebut.

"Berbagai upaya terus kita lakukan guna memaksimalkan peran serta fungsi sarana dan fasilitas perhubungan di sektor transportasi laut dan penyeberangan, khususnya di pulau terluar,” kata Gubernur Kepri Ansar Ahmad di Tanjungpinang, Rabu.

Gubernur Ansar menyampaikan ada beberapa pembangunan infrastruktur pelabuhan roro yang diusulkan ke Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub), yakni pembangunan pelengsengan atau tempat pendaratan kendaraan di Pulau Midai, Pulau Subi dan Pulau Serasan di Kabupaten Natuna.

Usulan tersebut diharapkan bisa terakomodir dalam realisasi program Kemenhub tahun anggaran 2025.

"Kita juga mengusulkan penambahan rute lintasan trayek kapal penyeberangan di Natuna dan Anambas, sehingga mobilitas orang dan barang lebih meningkat sekaligus mendorong perekonomian daerah," ujar Ansar.

Ansar menyampaikan ia dan jajaran gencar menjemput bola ke pemerintah pusat supaya dana APBN maupun dana alokasi khusus (DAK) lebih banyak mengalir ke Kepri.

Hal itu dilakukan mengingat terbatasnya APBD Provinsi Kepri untuk mengurus tujuh kabupaten/kota setempat dengan kondisi geografis 96 persen lautan.

"Kami sudah menggelar pertemuan dengan Dirjen Perhubungan Darat (Hubdar) Kemenhub. Alhamdulillah, mereka merespon baik usulan kita," ungkap Ansar.

Secara terpisah, Dirjen Hubdar Hendro Sugiatno menyambut baik terkait upaya peningkatan sektor perhubungan agar Kepri bisa lebih maksimal dalam memberikan pelayanan terhadap kebutuhan masyarakat.

“Harapan kami bukan hanya sekedar meminta untuk dibangun fasilitas infrastruktur pelabuhan namun, setelah dibangun akan dapat beroperasi secara maksimal dan dampaknya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” ungkap Hendro.

Ia mengatakan akan segera menindaklanjuti beberapa usulan Gubernur Ansar, dengan harapan dapat diupayakan untuk direalisasikan dalam waktu dekat.

Dia segera menyampaikan beberapa usulan itu kepada Menteri Perhubungan RI dalam memenuhi sarana dan prasarana transportasi laut dan penyeberangan guna menunjang konektifitas transportasi di wilayah Kabupaten Natuna dan Anambas di Provinsi Kepri.

"Kami akan diupayakan agar bisa di realisasi dan dianggarkan pada tahun 2025," katanya di Jakarta.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE