Menko Perekonomian bahas konektivitas data center di Singapura

id Airlangga Hartarto,Kemenko Perekonomian,kerja sama Indonesia -Singapura,RCEP,Singapura,bp batam

Menko Perekonomian bahas konektivitas data center di Singapura

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (Kemenko Perekonomian)

Jakarta (ANTARA) - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto membahas hubungan bilateral terkait enam kelompok kerja dan konektivitas data center dengan beberapa pejabat tinggi Singapura. Yang dibahas yaitu kawasan Batam-Bintan-Karimun, Kawasan Ekonomi Khusus, kelompok kerja investasi, kelompok kerja agribisnis, kelompok kerja ketenagakerjaan, kelompok kerja transportasi dan kelompok kerja pariwisata.

Dalam konferensi pers di Singapura yang dipantau online dari Jakarta, Selasa, Menko mengatakan kedua negara membahas konektivitas pusat data yakni kebijakan konektivitas digital dengan menetapkan Pulau Batam dan Nongsa Digital Park sebagai kawasan data center, sehingga bisa meningkatkan hubungan fiber optic cabel yang sekarang sudah ada.

“Karena ini juga menjadi nilai purpose pada G20, di mana Indonesia akan mendorong terjadinya free flow data dan informasi yang juga sangat diperlukan untuk pengembangan data center di Pulau Batam maupun di Nongsa Digital Park,” kata Airlangga.

Menko mengatakan konektivitas data center membutuhkan energi hijau dikarenakan berbasis power plan seperti floating solar panel yang sedang dikembangkan di Batam. Menurut dia, kawasan data center biasanya juga membutuhkan dua sumber energi.
 
Karenanya perlu didorong dengan kebijakan tranmisi electricity dari ASEAN yang sudah memiliki program ASEAN powergrade.

Kerja sama itu dibahas Menko bersama dengan Deputi Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong, Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan dan Menteri Industri dan Perdagangan Singapura Gan Kim Yong.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menko Airlangga bahas kelompok kerja dan data center di Singapura

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE